Intip Ini Dia 7 Manfaat Bengkoang Yang Perlu Kalian Tahu!

- 17 Juli 2022, 13:55 WIB
manfaat bengkoang untuk kesehatan
manfaat bengkoang untuk kesehatan /
 
 
BERITA KBB - Bengkoang adalah salah satu umbi-umbian berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Bengkoang ini tentunya sangat disukai oleh setiap kalangan karena rasanya yang sedap dan kandungan manfaat yang ada didalamnya.
 
Buah dengan kulit tebal berwarna coklat, serta di bagian dalamnya berwana putih seperti apel, seringkali menjadi bahan masakan atau sebagai camilan harian.
 
Namun, di balik kegunaannya itu, bengkoang juga memiliki kandungan gizi atau nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Bengkoang mengandung jenis vitamin dan mineral lain, seperti folat, magnesium, selenium, mangan, vitamin B5, vitamin B6, dan vitamin E.
 
 
Lantas, apa saja manfaat yang didapat ketika mengonsumsi bengkuang?
 
Berdasarkan kandungan gizi di atas, dilansir dari laman HelloSehat, berikut adalah ragam manfaat dan khasiat dari bengkuang untuk kesehatan anda diantaranya :
 
1. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan
 
Sama seperti manfaat sayur dan buah, makan bengkoang bisa membantu Anda memenuhi kebutuhan gizi akan serat. Pasalnya, kandungan serat pada bengkoang cukup tinggi. Bahkan, Food revolution Network menyebut, mengonsumsi satu cangkir bengkoang bisa membantu memenuhi seperempat kebutuhan serat harian.
 
Adapun kandungan serat terbukti baik untuk membantu proses pencernaan tubuh. Kandungan ini bisa meningkatkan massa feses dan melembutkannya, sehingga Anda bisa terhindar dari sembelit.
 
 
2. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh
 
Dalam 100 gram buah bengkoang terkandung sekitar 40 persen kebutuhan vitamin C harian untuk tubuh. Adapun asupan vitamin C dalam tubuh memainkan peran penting dalam menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jika kekebalan tubuh meningkat, tubuh tidak akan mudah terserang bakteri, virus, ataupun jamur yang dapat menyebabkan penyakit.
 
Selain itu, vitamin C yang terdapat pada bengkoang mengandung zat antioksidan alami yang mampu memerangi radikal bebas, yang merupakan akar dari berbagai penyakit kronis.
 
3. Menjaga Kesehatan Jantung
 
Bengkoang memberi manfaat untuk kesehatan jantung dalam berbagai cara. Pertama, kandungan antioksidan yang ada dalam jenis umbi ini dapat melawan radikal bebas dan mengurangi peradangan, termasuk pada jantung. Selain itu, serat di dalamnya pun dapat membantu menurunkan peradangan, kadar kolesterol jahat (LDL), dan tekanan darah.
 
Sejalan dengan hal itu, tekanan darah juga dapat terkontrol karena kandungan kalium yang tersimpan di dalam bengkuang. Adapun berbagai khasiat tersebut dapat membantu Anda terhindar dari penyakit jantung,
 
 
4. Meningkatkan Kepadatan Tulang
 
Kandungan bengkoang yang juga penting untuk tubuh adalah kalsium, magnesium, tembaga, fosfor, dan zat besi. Berbagai jenis mineral ini diketahui bermanfaat bagi tubuh untuk meningkatkan kepadatan tulang serta membantu menyembuhkan dan memicu pertumbuhan tulang baru yang rusak.
 
Namun nyatanya, tak hanya mineral tersebut yang berperan. Bengkuang juga diketahui mengandung inulin, yaitu salah satu jenis prebiotik yang dapat membantu mempertahankan mineral di tulang, meningkatkan penyerapan kalsium, dan mengurangi risiko pengeroposan tulang (osteoporosis).
 
5. Mengontrol Kadar Gula Darah
 
Bengkoang mengandung kadar glukosa rendah yang baik untuk penderita diabetes, karena tidak akan meningkatkan gula darah. Selain itu, kandungan serat dalam bengkoang pun dapat meningkatkan rasa kenyang, sehingga Anda tidak akan makan terlalu banyak. Adapun kedua hal ini dapat membantu melawan diabetes yang Anda alami.
 
Bahkan, mendukung hal tersebut, sebuah studi tahun 2016 menemukan bahwa pemberian ekstrak bengkoang pada tikus, dapat mengurangi kadar gula darah secara signifikan serta meningkatkan sensitivitas insulin.
 
6. Mengontrol Berat Badan
 
Bengkoang merupakan makanan rendah kalori, sehingga sayuran umbi ini cocok bagi Anda yang sedang menurunkan berat badan. Selain itu, kandungan serat dalam bengkoang juga bisa meningkatkan rasa kenyang, sehingga membantu menjaga pola makan Anda.
 
Oleh karena itu, bagi Anda yang sedang menurunkan berat badan, menjadikan bengkoang sebagai camilan sehat untuk diet sangat cocok dilakukan.
 
7. Menjaga Kesehatan Otak
 
Khasiat bengkoang yang tidak kalah penting yang bisa Anda dapatkan adalah otak yang lebih sehat. Hal ini didukung dengan adanya kandungan vitamin B6 atau piridoksin yang penting untuk perkembangan otak secara normal, termasuk fungsi kognitif, serta menjaga kesehatan sistem saraf dan sistem kekebalan.
 
Tak hanya untuk otak, vitamin B6 juga berperan dalam mengubah asam protein menjadi asam amino, yang digunakan tubuh untuk membantu memperbaiki proses metabolisme dan kerja organ tubuh.
 
Itulah 7 manfaat bengkoang bagi kesehatan anda yang perlu anda tahu. Selamat mencoba dan jangan lupa untuk senantiasa menjaga kesehatan anda.***

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x