5 Jenis Makanan Sehat Untuk Menurunkan Asam Lambung Yang Naik

- 12 Agustus 2022, 20:41 WIB
Ilustrasi. Penyakit asam lambung bisa sembuh dengan bahan sederhana ini.
Ilustrasi. Penyakit asam lambung bisa sembuh dengan bahan sederhana ini. /pixabay/HansMartinPaul/
BERITA KBB - Penyakit asam lambung mayoritas hanya menyerang orang dewasa. Namun, tidak menutup kemungkinan untuk seseorang yang masih mudah pun patut diwaspadai.

Penyakit tersebut menimbulkan gejala yang berbeda pada penderitanya. gejala tersebut biasanya akan menimbulkan nyeri pada bagian ulu hati, sensasi sesak nafas hingga terasa naik di kerongkongan.

Sebagian orang mengalami hal tersebut diatas, selain itu ada juga yang mengalami rasa pahit disertai asam yang muncul di pangkal tenggorokan.

Baca Juga: Tingkatkan Ketertiban Sosial, Satpol PP Kota Bandung Gelar Operasi Yustisi

Untuk kasus yang terbilang sudah parah, penderita bahkan tidak dapat untuk mengonsumsi makanan dengan baik, karena adanya gejala yang timbul pada lambung.

Adapun beberapa makanan yang aman dikonsumsi bagi penderita asam lambung. diantaranya adalah :

1. Oatmeal
Oatmeal menjadi makanan yang baik bagi penderita asam lambung, karena memiliki sumber serat yang sangat baik.

Baca Juga: Lengkap! BACAAN Surat Yasin Ayat 1-83, Ada Tulisan Arab dan Latin Serta Terjemahan Bahasa Indonesia

2. Kue dan Roti Gandum
Kue dan Roti Gandum memiliki kandungan vitamin, serat, dan nutrisi yang cukup untuk mengisi perut dan mencegah maag kambuh.

3. Sayuran
Secara memiliki kandungan rendah lemak dan gula. makanan ini dapat mengurai asam lambung. penderita harus dapat memilih sayur yang baik seperti brokoli, asparagus, kembang kol, sayuran berdaun hijau dan mentimun.

Penderita mesti tahu bahwa ada jenis sayuran yang harus dihindari, namun perlu dipahami. seperti kubis atau kadang disebut kol.

Baca Juga: Link Pembelian Dan Harga Tiket Nonton Persikabo 1973 vs Persija Jakarta Di Stadion Pakansari, Bogor

Kubis atau kol biasanya dijumpai ketika mengonsumsi sayur sop, baso tahu dan makanan lainnya yang dicampur dengan kubis.

Jika dikonsumsi dalam kondisi matang, kubis dapat memicu asam lambung naik. Namun jika konsumsi secara mentah, tidak akan terlalu berpengaruh terhadap asam lambung namun harus tetap diwaspadai.

4. Jahe
Jahe dapat berperan dalam pengobatan alami penyakit asam lambung. penderita dapat mencampurkan jahe ini dengan makanan lainnya untuk dikonsumsi.

Baca Juga: Semakin DEKAT! Benjamin Mora Digadang Jadi Pelatih Persib, Umuh Muchtar: Punya Nama Besar

4. Buah-buahan
Buah-buahan yang baik dapat membantu untuk menurunkan asam lambung. Namun, penderita harus dapat membedakan buah mana yang dapat dikonsumsi dan buah mana yang tidak. karena mengonsumsi buah yang asam akan berakibat fatal terhadap lambung.

5. Putih telur

Putih telur dapat dikonsumsi oleh penderita asam lambung. pilihan ini sangat bagus, karena jika mengonsumsi bersamaan dengan kuning telur akan berakibat buruk. kuning telur mengandung lemak cukup tinggi sehingga dapat menyebabkan asam lambung naik.

Kelima makanan yang telah disebutkan diatas, merupakan hidangan yang dapat dikonsumsi oleh para penderita asam lambung.

Selain itu, penderita juga perlu menjaga pola hidup dengan baik seperti menghindari kebiasaan merokok dan meminum alkohol hingga harus dapat menjaga pola pikir dengan baik***

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x