Umpan Clickbait Menjamur di Internet, Bukti Minat Masyarakat Masih Tinggi

- 2 Februari 2023, 20:05 WIB
Umpan Clickbait Menjamur di Internet, Bukti Minat Masyarakat Masih Tinggi
Umpan Clickbait Menjamur di Internet, Bukti Minat Masyarakat Masih Tinggi /Pixabay.com/Antho G/

 

BERITA KBB - Muhammad Bayu Pratama selaku mentor Pikiran Rakyat Media Network (PRMN) berikan pemahaman kepada content creator batch 52 PRMN dari seluruh Indonesia, di mana saya ikut andil sebagai pesertanya. 

Di kesempatan itu, ia menjelaskan bagaimana media berita yang berorientasi pada kuantitas seringnya melibas moral-moral sebagai jurnalis yang beretika.

Kuantitas di sini dapat diartikan sebagai seorang penulis yang berfokus pada pemasukan; berorientasi pada jumlah page view. Maka berbagai cara untuk meraup para pembaca, salah satunya adalah dengan menerapkan praktik clickbait pada judul artikel.

 Baca Juga: TEKS Surat Yasin dengan BACAAN Arab dan Latin, Lengkap 83 Ayat disertai Terjemahan Bahasa Indonesia

Bayu sendiri mengibaratkan judul bak mahkota tulisan, di mana jutaan penulis di samudera ini, terutama di lingkar Hindia dan Pasifik bertarung dalam tiga detik pertama, berlomba-lomba membuat mahkota yang bersinar terang, gemerlap menyilaukan mata pembacanya. 

Mungkin ada sebagian yang menjauh karena silau itu tampak mencurigakan, namun banyak pula yang justru terpikat akan sinarnya. Maka, abracadabra! Tahu-tahu kini Anda sudah berada dalam mulut ikan anglerfish.

Karena wahai~ tak selalu yang bersinar itu indahh~

Sebenarnya, untuk menangkis pikatan itu dapat dilihat dengan sekilas. Beberapa lagi memang membutuhkan terawangan yang lebih awas. Namun, tak perlu khawatir! Artikel Clickbait Semakin Merajalela? Berikut Cara Ampuh Mengatasinya!

Perhatikan Judul Artikel

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x