Wajib Diketahui! 5 Attitude yang Bikin Orang Lain Nyaman Sama Kamu

- 16 April 2023, 08:00 WIB
Wajib Diketahui! 5 Attitude yang Bikin Orang Lain Nyaman Sama Kamu
Wajib Diketahui! 5 Attitude yang Bikin Orang Lain Nyaman Sama Kamu /Instagram

 

BERITA KBB – Adab menjadi suatu hal yang penting untuk kita pelajari, karena kepintaran tidak ada artinya apabila seseorang tidak memiliki adab, dengan mempelajari adab, maka engkau jadi mudah memahami ilmu (yusuf bin al husain). Adab juga harus dibarengi dengan ilmu sama halnya ilmu harus dibarengi dengan adab.

  1. Tidak menanyakan "kapan nikah ?"

Sebenarnya tidak ada masalah pertanyaan kapan menikah, namun kita harus tau keadaan dari orang yang ditanya, tidak semua orang suka ditanya kapan nikah. Bagi yang sudah menikah kontrol diri untuk bertanya perihal itu apalagi saat reuni. Hargai temanmu seperti kamu ingin dihargai.

Baca Juga: Gelar Bakti Sosial, Alumni FH Unpar 88 Peduli Untuk Membantu Pencegahan Pelecehan Terhadap Perempuan dan Anak

  1. Hormati orang yang lebih tua

Bukan berarti kita harus gila hormat pada orang yang lebih tua, namun adabnya kita dianjurkan mendahulukan orang yang lebih tua, serta menghormatinya. Tapi hal ini bukan berarti yang muda tidak dihormati, yang muda dan tua harus saling menghormati satu sama lain.

  1. Tidak merendahkan orang lain berdasarkan masa lalunya

Setiap orang punya sisi baik dan buruknya, bukan berarti masa lalunya buruk setelah dia menjadi baik kita berhak merendahkan dia atas masa lalunya, hargai usahanya untuk menjadi baik, coba kita bercermin apakah kita tidak pernah melakukan keburukan?.

Baca Juga: Ada Perbedaan Pendapat di Kalangan Ulama, Inilah Pengertian Hingga Cara Membayar Fidyah!

4.tidak merokok di dekat anak-anak, ibu hamil dan tempat umum

Jika ingin merokok menjauhlah dari anak- anak dan juga ibu hamil, sebisa mungkin merokoklah di tempat khusus untuk merokok agar tidak mengganggu orang yang tidak merokok, bagi yang tidak suka rokok jika ada yang mau merokok, menghindar untuk memberi space itu lebih baik.

  1. Ketika pinjam handphone orang lain jagalah privasinya               

Kita udah di pinjamin nih, jadi cobalah untuk gak kepo buka galerinya, chat wanya dan yang mengandung privasi, dia udah percaya untuk meminjamkan handphonenya, kita harus menjaga kepercayaan itu. Mengontrol gak kepo itu gak mudah tapi harus dilakukan.***

Editor: Siti Mujiati

Sumber: instagram @muhammad_firdaus857


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x