Punya Potensi Penyakit Seperti Manusia, DLH Kota Cimahi Siapkan Dokter untuk Awasi Kesehatan Pohon

- 2 September 2022, 21:49 WIB
Ilustrasi pohon. Punya Potensi Penyakit Seperti Manusia, DLH Kota Cimahi Siapkan Dokter untuk Awasi Kesehatan Pohon
Ilustrasi pohon. Punya Potensi Penyakit Seperti Manusia, DLH Kota Cimahi Siapkan Dokter untuk Awasi Kesehatan Pohon /Pexels/ veeterzy

Berita KBB - Kesehatan pohon menjadi perhatian khusus dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cimahi. Sebab, sama seperti manusia, tanaman juga bisa terserang penyakit seperti kanker.

"Seperti manusia, kanker kalau ada benjolan itu kanker. Kemudian bisa diserang hama. Yang paling sering itu dahan kering, daun-daun tidak ada," ungkap Kepala DLH Kota Cimahi, Lilik Setyaningsing pada Jumat, 2 September 2022.

Dikatakannya, dampak pohon apabila terkena penyakit dan dibiarkan cukup berbahaya. Bisa saja pohon tersebut roboh lantaran kekuatannya berkurang akibat digergogoti berbagai penyakit tersebut.

Baca Juga: Ratusan Guru di Mengucap Sumpah di Hadapan Wali Kota Cimahi

Untuk itu, kata Lilik, pihaknya rutin melakukan identifikasi kesehatan pohon-pohon yang ditanam di aset milik Pemkot Cimahi. Khususnya di lokasi-lokasi yang berpotensi membahayakan masyarakat.

"Identifikasi rutin, kita punya metode untuk identifikasi kesehatan pohon. Tapi kita hanya melihat kondisi kesehatan pohon dari atas permukaan tanah hingga ke atas. Tapi di bawah tanah (akar) itu enggak bisa, belum ada alatnya," ungkap Lilik.

Dia menerangkan, apabila hasil identifikasi menunjukan level di atas 15, maka pihaknya akan mengeluarkan rekomendasi agar pohon tersebut ditebang. "Jika dibawah 15 tetap bisa dipertahankan, dirawat dikasih obat. Disehatkan, ada pupuknya," ucap Lilik.

Baca Juga: Atalia Puncaki Hasil Survei Calon Walikota Bandung

Sementara pohon yang kerap tumbang ketika hujan deras mengguyur, lanjut Lilik, mayoritas penyebabnya dikarenakan faktor bencana dan tanah yang tidak kuat mencengkram akar pohon. "Selama ini kalau kita periksa yang tumbang kebanyakan karena faktor alam," sebutnya.

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x