Pertemuan Menteri Ketenagakerjaan G20 di Italia Berakhir, Indonesia Bersiap Jadi Tuan Rumah Selanjutnya

- 26 Juni 2021, 23:31 WIB
Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan, Anwar Sanusi,
Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan, Anwar Sanusi, /

BERITA KBB - Pelaksanaan pertemuan para Menteri Ketenagakerjaan anggota G20 (G20 Labour and Employment Ministers’ Meeting/G20-LEMM) telah usai. Dengan berakhirnya pertemuan yang berlangsung di Catania, Italia, pada 22 s.d 23 Juni 2021 ini, maka Indonesia mulai bersiap menjadi presidensi atau tuan rumah untuk gelaran G20-LEMM tahun 2022.

Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan, Anwar Sanusi, yang mewakili Menteri Ketenakerjaan, Ida Fauziyah, mengikuti rangkaian pertemuan tersebut, bersyukur bahwa kegiatan di Catania, Italia, berjalan dengan lancar dan baik.

Pertemuan yang berlangsung selama 2 hari tersebut, jelas Anwar, menghasilkan deklarasi bersama Menteri Ketenagakerjaan G20.

Baca Juga: Baru Capai 96 Persen Total Vaksinasi Awal, Pemkot Bandung Genjot Target Vaksinasi 2,3 Juta Orang

"Pada intinya, isi komitmen bersama ini adalah bagaimana Kementerian Ketenagakerjaan memberikan yang terbaik dalam mengantisipasi pandemi COVID-19 ini," kata Sekjen Anwar di Catania, Italia, pada Jumat, 25 Juni 2021 waktu setempat.

Ia pun menyatakan bahwa Indonesia bersama Negara G20 komitmen melaksanakan deklarasi yang sudah disepakati. Deklarasi ini mencakup 3 isu prioritas Presidensi Italia yaitu penciptaan pekerjaan yang lebih baik (decent) dan setara bagi pekerja perempuan; penyesuaian sistem perlindungan sosial yang adaptif dengan perubahan dunia kerja; dan  memastikan pekerjaan digital (platform) dan teleworking yang tetap mengedepankan aspek kemanusiaan (humanis).

"Kita berkomitmen untuk menjalankan ketiga komitmen ini, di mana 3 isu prioritas dalam komitmen ini telah mencerminkan tantangan ketenagakerjaan saat ini dan di masa mendatang," jelas Anwar.

Baca Juga: Tingkatkan Kegiatan Positif, Wanadri Ajak Generasi Muda Mensyukuri dan Melestarikan Alam di Jabar

Selain terkait komitmen bersama, berakhirnya G20-LEMM di Italia juga menandakan Indonesia harus mempersiapkan diri sebagai tuan rumah atau Presidensi G20-LEMM tahun 2022 yang akan berlangsung di Indonesia.

"Dan kita juga memaparkan terkait dengan kesiapan Indonesia menjadi tuan rumah G20, tentunya terkait dengan EWG LEMM, kita akan siapkan dengan sebaik-baiknya," terang Anwar.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x