Brunei Darussalam Termasuk Negara Kaya di Dunia, Berikut Sumber Kekayaannya

- 7 Oktober 2021, 04:54 WIB
Punya Ratusan Ferrari, Raja Brunei Sultan Hassanal Bolkiah Terkaya Didunia
Punya Ratusan Ferrari, Raja Brunei Sultan Hassanal Bolkiah Terkaya Didunia /Ari Irpan /Tangkapan layar Instagram

BERITA KBB - Darussalam termasuk 5 besar negara terkaya di dunia, luas negaranya hanya 14 persen dari pulau Kalimantan.

Meskipun termasuk negara yang kecil, bila dibandingkan dengan Indonesia, darimana sumber kekayaan Brunei sehingga bisa dinobatkan sebagai negara terkaya di dunia.

Dilansir BERITA KBB, yang dirangkum dari kanal YouTube Jaya Edutainment yang diunggah pada tanggal 30 November 2020 dengan judul "Mengapa Brunei Kaya? Ternyata ini Sumber Kekayaan Brunei Darussalam", bahwa sebelum Brunei menjadi negara kaya, hasil komoditi ekspor utamanya hanya dari sagu dan karet.

Baca Juga: Duet Bertrand Peto dan Anneth Delliecia Trending YouTube di 5 Negara, Lagu 'Sahabat Tak Akan Pergi'

Pada tahun 1899, eksplorasi pencarian minyak dan gas dilakukan oleh enam perusahaan, namun sudah bertahun-tahun minyak yang dihasilkan belum memenuhi kriteria untuk ditambang secara komersial.

Akhirnya pada tahun 1918 perusahaan yang terlibat dalam proses eksplorasi minyak mengundurkan diri, kecuali Royal Dutch Shell yang tetap bertahan.

Sejarah terukir di Brunei Darussalam, pada tahun 1929 ditemukan cadangan minyak dan gas yang bisa dikomersialkan di wilayah Seria (Selatan East Reserved Akundustrial Area) oleh British Malayan Petroleum Company.

Baca Juga: Profil dan Biodata Sarah Salleh, Istri Putra Mahkota Brunei Darussalam, Ada Umur, Pendidikan dan Penghargaan

British Malayan Petroleum Company merupakan anak perusahaan dari Royal Dutch Shell, yang kini berubah nama menjadi Brunei Shell Petroleum Company.

Perlahan tapi pasti, meskipun Brunei memiliki wilayah yang kecil, negara tersebut mampu menjadi produsen minyak dan gas terbesar ketiga di Asia Tenggara, karena mampu menghasilkan minyak sebanyak 180.000 barel perhari.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x