Bank Ukraina Luncurkan Seri Uang Kertas Baru, Abadikan Rekam Visual 1 Tahun Perang Rusia - Ukraina

- 24 Februari 2023, 17:22 WIB
Bank Ukraina Luncurkan Seri Uang Kertas Baru, Abadikan Rekam Visual 1 Tahun Perang Rusia - Ukraina
Bank Ukraina Luncurkan Seri Uang Kertas Baru, Abadikan Rekam Visual 1 Tahun Perang Rusia - Ukraina /

 

Berita KBB - Bank sentral Ukraina luncurkan uang kertas edisi khusus pada Kamis, 23 Februari 2023 kemarin. Peluncuran uang kertas baru tersebut dalam rangka memperingati 1 tahun perang Rusia - Ukraina yang sudah berkecamuk sejak 24 Februari 2022 itu.

Dilansir Zee News, Jumat 24 Februari 2023, uang kertas pecahan 20 hryvnia atau sekira Rp8.300 itu menampilkan gambar tiga tentara Ukraina mengibarkan bendera negaranya. 

Sedangkan pada sisi satunya, memperlihatkan 2 tangan yang terikat selotip, diduga melambangkan tuduhan Ukraina atas kejahatan perang yang dilakukan pasukan Rusia di negara tersebut.

Baca Juga: Bosscha Café Resto Pusat Kota Bandung yang Menampilkan Sejarah

“Dalam rangka memperingati satu tahun perang, kami memutuskan untuk meluncurkan uang kertas edisi peringatan yang akan menampilkan 1 tahun emosi, pola, isi dan hal-hal ikonik lainnya,” ujar Andriy Pyshnyi, Gubernur Bank Nasional Ukraina dalam presentasinya.

Pyshnyi mengatakan, uang kertas baru tersebut mengusung fitur keamanan inovatif. Uang kertas peringatan 1 tahun perang Rusia-Ukraina itu juga akan diedarkan sebanyak ‪300.000‬ lembar.

Pihak bank sentral menyebut, butuh waktu 8 bulan untuk merancang dan memproduksi uang kertas itu, dan mereka merencanakan beberapa seri uang kertas edisi peringatan untuk memberikan rekam visual dari perang Rusia - Ukraina.

Baca Juga: Tokoh dan Penggiat Lingkungan Jawa Barat Eka Santosa Dukung Iwan Bule Untuk Jadi Gubernur Jabar di Pilgub 2024

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x