Sudan Bergejolak! 289 WNI Belum Keluar Dari Khartoum, Menlu: Persiapan Pulang ke Indonesia Terus Dilakukan

- 25 April 2023, 21:05 WIB
Berikut kabar terbaru terkait evakuasi WNI yang berada di Sudan, 289 WNI masih berada di Khartoum.
Berikut kabar terbaru terkait evakuasi WNI yang berada di Sudan, 289 WNI masih berada di Khartoum. /

 

Berita KBB - Konflik bersenjata tengah terjadi di Sudan. Imbas terjadinya peristiwa itu, Pemerintah Indonesia melakukan evakuasi 538 Warga Negara Indonesia (WNI) keluar dari Sudan.

Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi mengatakan, 538 WNI yang terdiri dari 273 perempuan, 240 laki-laki dan 25 balita itu, pada Senin 24 April 2023 dini hari waktu setempat sudah tiba di Port Sudan.

Menurutnya, para WNI yang dievakuasi dari Sudan itu sebagian besar merupakan mahasiswa, pekerja migran, karyawan salah satu perusahaan pangan swasta dan staf Kedutaan Besar Republik Indonesia beserta keluarganya.

Baca Juga: Kapolsek Jagakarsa Kompol Multazam Lisendra Lakukan Patroli Tinjau Layanan Titip Rumah di Wilayahnya

“Saat ini, 538 WNI tersebut sedang beristirahat di rumah persinggahan di Port Sudan sebelum keberangkatan menuju Jeddah melalui jalur laut. Insya Allah persiapan pulang ke Indonesia juga terus dilakukan,” kata Retno seperti dikutip Berita KBB dari laman Sekretariat Kabinet RI.

 

Lanjutnya, evakuasi ini merupakan tahap pertama yang dipimpin langsung oleh Dubes RI untuk Sudan di Khartoum. Sebanyak 8 buah dan 1 mini bus KBRI dikerahkan dalam evakuasi yang menempuh jarak 830 kilometer dan memakan waktu 15 jam itu.

 

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x