Awal Oktober 2023, Sejumlah Provinsi Berpeluang Alami Cuaca Ekstrem Hujan Lebat, Cek Daftarnya Berikut

- 30 September 2023, 12:10 WIB
Ilustrasi Waspada! Prakiraan Cuaca Ekstrem Tanggal 7-13 Juli 2023 Wilayah Jawa Timur, Inilah Resiko dan Dampaknya/ pixabay.com/PublicDomainPictures
Ilustrasi Waspada! Prakiraan Cuaca Ekstrem Tanggal 7-13 Juli 2023 Wilayah Jawa Timur, Inilah Resiko dan Dampaknya/ pixabay.com/PublicDomainPictures /
 

Berita KBB - Pada 2 hari terakhir September dan pekan pertama Oktober 2023, BMKG memprediksi adanya peluang gejala cuaca ekstrem hujan lebat, tepatnya dalam kurun 29 September hingga 5 Oktober 2023.


Menurut laporan peringatan cuaca ekstrem yang dikeluarkan BMKG Kamis 28 September 2023, dalam waktu sepekan ke depan, hujan sedang hingga lebat berpotensi terjadi di sebagian wilayah Aceh, Sumatra Utara, Sulawesi Tengah, Kalimantan Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.


Laporan ini menyebutkan, bibit siklon tropis 93W terpantau berada di Samudra Pasifik sebelah utara Papua, dan bergerak dengan kecepatan angin maksimum 15 knots atau 28 kilometer per jam dan tekanan udara minimum 1009 hPa.

 

Baca Juga: Jadwal Mentari TV 30 September 2023, Berikut Link Nonton Tayo Mission: Ace Hingga Pororo The Little Penguin


Bibit siklon tropis ini menunjukkan pergerakan ke arah barat - barat laut dengan potensi menjadi siklon tropis dalam kategori Rendah dalam kurun 24-48 jam ke depan.


Selain siklon tropis, BMKG memantau adanya daerah perlambatan angin di Laut Andaman, Laut Sulu, Laut Filipina, Laut Seram, Laut Arafuru, Sumatra Barat, Sumatra Utara, Aceh, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Papua, dan Papua Barat.


BMKG memperkirakan awan hujan berpotensi terbentuk di sepanjang daerah perlambatan angin tersebut.


Berdasarkan pantauan di atas, BMKG memperkirakan hujan sedang hingga lebat selama 7 hari ke depan terjadi di provinsi Aceh, Sumatra Utara, Sulawesi Tengah, Kalimantan Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.


Maka dari itu, bagi masyarakat yang berdomisili provinsi-provinsi tersebut agar waspada terhadap gejala cuaca ekstrem yang timbul berupa hujan lebat, hujan es atau angin puting beliung, serta dampak yang ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, pohon tumbang, dan jalan licin.

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x