Mirip Kerajaan, Alun-Alun Kasepuhan Cirebon Bak Bangunan Keraton

- 4 Februari 2022, 21:27 WIB
/

BERITA KBN - Keraton Kasepuhan Cirebon kini punya Alun-alun dengan wajah baru yang nuansanya kental bak bangunan keraton.

Alun-alun yang diberi nama Sangkala Buana itu baru saja selesai direvitalisasi dan diresmikan langsung oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Jumat (4/2/2022).

Gubernur mengungkapkan, selain untuk masyarakat, Alun-alun Sangkala Buana juga dipersembahkan untuk almarhum Sultan Sepuh ke-14 Keraton Kasepuhan Pangeran Raja Adipati (PRA) Arief Natadiningrat.

Baca Juga: Ditemukan di Cirebon Yana Supriatna Diduga Lakukan Prank Pura-pura Hilang,Pihak Kepolisian Akan Tindak Lanjuti

"Saya mempersembahkan juga sebuah janji dengan almarhum Sultan Sepuh ke-14 Arief Natadiningrat," ucapnya.

Tak seperti revitalisasi Alun-alun lainnya di Jabar, Sangkala Buana sangat kental dengan bangunan keraton dan hanya sedikit saja sentuhan modern.

Menurut Kang Emil, Alun-alun yang tepat berada di depan Keraton Kasepuhan tersebut memang dirancang agar terasa nilai sejarahnya ketimbang modernitas.

Baca Juga: UPDATE! Yana Korban Hilang Misterius di Cadas Pangeran Sumedang, Akhirnya Ditemukan di Cirebon

"Memang di sini harus terasa nilai sejarahnya, jangan terlalu modern. Saya juga sangat cinta sejarah khususnya keraton-keraton," jelasnya.

Bila berkunjung ke Alun-alun Sangkala Buana, kita akan merasa seperti ada di dalam sebuah kerajaan. Di semua pintu masuknya terdapat gerbang bata merah khas keraton Cirebon yang memanjakan mata.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x