Hikayat Nabi Sam'un Al Ghozi dan Turunnya Lailatul Qadr

- 6 Mei 2021, 14:10 WIB
Rantai besi, ilustrasi kisah Nabi Sam'un Al Ghozi dan lailatul qadr
Rantai besi, ilustrasi kisah Nabi Sam'un Al Ghozi dan lailatul qadr /Youtube Hidayah Ilahi Official/


BERITA KBB – Pada 10 hari terakhir di bulan Ramadhan ini, umat Islam berlomba-lomba untuk meningkatkan ibadah dengan iktikaf di masjid, di antaranya untuk memburu lailatul qadar atau malam yang lebih baik dari 1.000 bulan.

Lalu, dari manakah asal muasal angka 1.000 bulan atau sekitar 83 tahun yang melatarbelakangi datangnya lailatul qadar tersebut.

Dari berbagai sumber yang mengacu pada kitab Muqasyafatul Qulub karangan al Ghazali, latar belakang atau asbabun nuzul turunnya surat Al Qadr yang bercerita tentang Lailatul Qadr adalah cerita Nabi Sam’un Al Ghazi, seorang nabi yang memiliki kekuatan super.

Dikisahkan, Rasulullah saw tengah berkumpul bersama para sahabatnya dan tersenyum. Lalu salah seorang sahabat bertanya, kenapa baginda rasul tersenyum?

Baca Juga: 10 Ucapan, Quotes Idul Fitri 2021 Bahasa Inggris dan Artinya, Nomor 5 Sangat Menyentuh

Baca Juga: Menderita Gangguan Usus, Najwa Shihab Bagikan Momen Saat Mengisi Waktu Luang di RS: Aku Butuh Kerecehan

Rasul menjawab, “Di akhirat nanti ada seorang nabi yang membawa pedang dan tidak memiliki pengikut seorang pun. Dialah Sam’un”.

Lalu, siapakah Sam’un Al Ghozi dan apa kaitannya dengan lailatul qadr?

Sam’un yang juga dikenal dengan nama versi lain, yakni Samson atau Simson adalah seorang nabi yang hidup di daerah Bani Israil.

Halaman:

Editor: Cecep Wijaya Sari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah