Berapa Lama Gerhana Bulan Terjadi? Berikut Fenomena Super Blood Moon yang Langka Malam Ini

- 26 Mei 2021, 17:18 WIB
Catat waktu perkiraan munculnya fenomena gerhana bulan total atau  super blood moon malam ini, Rabu, 26 Mei 2021.
Catat waktu perkiraan munculnya fenomena gerhana bulan total atau super blood moon malam ini, Rabu, 26 Mei 2021. /Pixabay/Grey48


BERITA KBB – Fenomena alam yang langka berupa gerhana bulan total atau dikenal sebagai super blood moon akan terjadi hari ini, Rabu 26 Mei 2021.

Gerhana bulan total diprediksi berlangsung sekitar lima jam, yakni dari pukul 18.09 WIB – 20.51 WIB. Fenomena tersebut dapat disaksikan diseluruh Indonesia.

Seperti yang sudah diketahui bersama Gerhana Bulan Total adalah sebuah peristiwa terhalangnya sinar Matahari oleh Bumi, sehingga tidak semuanya sinar Matahari sampai ke Bulan, bila dilihat dari Bumi.

Gerhana Bulan Total terjadi, saat posisi Matahari-Bumi-Bulan berada pada satu garis lurus atau dengan kata lain, sejajar, seperti dikutip Berita KBB dari Galajabar dalam artikel Keren! Malam Ini Langit Indonesia Dihiasi Fenomena Super Blood Moon, Bisa Disaksikan dari Rumah Lho!

Baca Juga: Catat! Ini 5 Dampak Buruk Mendengarkan Musik dengan Earphone Saat Tidur

Baca Juga: Jam Berapa Sholat Gerhana Bulan Hari Ini? Simak Tata Cara, Niat, dan Bacaan Sholat Khusuf

Hal ini terjadi saat Bulan berada di umbra Bumi, yang berakibat, saat puncak Gerhana Bulan Total terjadi, Bulan akan terlihat berwarna merah atau terkenal dengan istilah Blood Moon, untuk saat ini bisa disebut Super Blood Moon.

Seluruh proses gerhana, sejak fase awal (P1) hingga fase akhir (P4) akan berlangsung selama 5 jam 5 menit dan 2 detik.

Sedangkan proses gerhana totalnya, sejak awal fase total (U2), puncak total hingga akhir fase total (U3) akan berlangsung selama 18 menit 44 detik.

Sementara itu pengamat yang berada di antara garis U1 dan U2, yaitu disebagian Gorontalo, sebagian Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, NTB, Bali, Kalimantan Utara, Kalimanatan Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat.

Baca Juga: Viral Pria Pasuruan yang Aniaya Pacarnya Akhirnya Ditangkap Pihak Kepolisian

Baca Juga: Sinopsis Dari Jendela SMP, Rabu 26 Mei 2021, Joko Merasa Ada yang Aneh dengan Ria

Jawa Timur, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten, Lampung, Bengkulu, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Jambi, sebagian Sumatera Barat, Sebagian Riau, dan Kepulauan Riau, akan dapat melihat Bulan sudah dalam fase gerhana sebagian pada saat Bulannya terbit.

Selain dari wilayah yang telah disebutkan diatas, akan dapat mengamati Gerhana Bulan Total hingga gerhananya berakhir.*** (Sartika Rizki Fadilah/Galajabar)

Editor: Cecep Wijaya Sari

Sumber: Galajabar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah