Kemana Perginya Roh Orang yang Sudah Meninggal dan Apa yang Mereka Lakukan? Begini Jawaban Buya Yahya

- 10 Agustus 2021, 02:34 WIB
Buya yahya menjawab
Buya yahya menjawab /Tangkap Layar Instagram.com/Buyayahya_albahjah

BERITA KBB- Setiap yang bernyawa pasti merasakan kematian. Mati adalah sesuatu yang pasti menghampiri semua makhluk hidup.

Banyak orang yang penasaran, kemana perginya roh setelah seseorang meninggal? Apakah di makamnya atau tetap berada di rumahnya selama 40 hari?

Buya Yahya menjawab dalam YouTube Al-Bahjah, setiap roh manusia yang telah dikuburkan akan pergi ke alam selanjutnya, yaitu alam barzah.

Baca Juga: Bagaimana Hukum Forex atau Jual Beli Valuta Asing dalam Islam? Begini Jawaban Buya Yahya

Besarnya alam barzah dibandingkan dengan luasnya dunia adalah 4:1. Alam barzah amat luas, roh manusia yang telah mati dan meninggalkan alam dunia masih mampu mendengar dan melihat.

Jiwa orang yang telah mati sudah terbebas dari fisik. Mereka tidak berada di makam, pemakaman hanyalah tempat untuk menyimpan jasad. Sedangkan roh berada di alam barzah.

"Ketika seorang manusia baru dimakamkan, langkah kaki peziarah yang meninggalkan kuburannya bisa roh dengarkan. Itulah kenapa kita dianjurkan mengucapkan salam ketika ziarah. Itu sebagai pertanda bahwa mereka mampu mendengarkan kita," kata Buya Yahya

Baca Juga: Bagaimana Hukum Main Saham dalam Islam? Begini Jawaban Rinci dari Ustadz Khalid Basalamah

Di alam barzah, ada undang-undangnya sendiri yang tidak sama dengan alam dunia. Undang-undang yang dimaksudkan di sini adalah aturan.

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky

Sumber: Youtube Al-Bahjah TV


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah