Menjelaskan Tentang Kebesaran Allah SWT, Berikut Surah Ali Imran Ayat 190-191 Bahasa Arab, Latin dan Maknanya

- 5 Oktober 2021, 10:24 WIB
Membaa AlQuran
Membaa AlQuran /Pixabay / cahiwak

BERITA KBB- Alquran dan Islam begitu indah. Dalam Alquran kita bisa mempelajari berbagai hal. Salah satunya mengenai kebesaran Allah SWT, sang Pencipta.

Berbicara mengenai kebesaran Allah SWT, ada berbagai surah yang membahasnya. Diantaranya adalah Surah Ali Imran. Di mana surah yang memiliki 200 ayat itu di dalamnya dan terdapat dua ayat istimewa yakni 190-191.

Dilansir dari tafsir Kemenag dan berbagai sumber, dua ayat tersebut menjelaskan tentang kebesaran Allah SWT dan hal itu harus dipahami oleh orang yang memiliki akal sehat serta tidak diselubungi akal untuk menciptakan kehancuran.

Baca Juga: Lord Adi Buka-bukaan Kisah Perjuangan Meraih Impian, Live Instagram Sore Ini

Baca Juga: Kuatkan Pembinaan Statistik Sektoral Ditengah Pandemi, BPS Jabar Luncurkan Mudaberdasi

Yang dimaksud orang-orang berakal tersebut ialah orang-orang yang senantiasa mensyukuri ciptaan Allah, merenungkan keindahan-Nya dan juga mengambil manfaat dari tiap ayat-ayat-Nya serta berdzikir kepada Allah dengan hati lisan dan anggota tubuh seraya menjalankan aktivitas sehari-hari.

Surah Ali Imran ayat 190-191 menerangkan bahwa dalam penciptaan langit dan bumi serta bergantinya malam dan siang, hal itu merupakan kekuasaan Allah SWT.

Seseorang yang memahami penciptaan langit dan bumi serta pergantian siang dan malam merupakan tanda-tanda kekuasaan Allah.

Baca Juga: Teuku Ryan Ulang Tahun, Ria Ricis Berikan Banyak Kado Spesial untuk Calon Suaminya

Baca Juga: Denny Siregar Fitnah Novel Baswedan Pecat Satpam Lama KPK, Febri Diansyah Angkat Bicara

Mereka itulah Ulul Albab, yaitu orang yang banyak berdzikir dan berfikir untuk selalu mengingat Allah dalam kondisi apapun dan menggunakan akalnya untuk memahami penciptaan alam semesta.

Baca Juga: 5 Surah Al-Quran yang Cocok Dibaca Saat Menghadapi Kesulitan Hidup

Surah Ali Imran

Arab

إِنَّ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَاخْتِلَافِ اللَّيْلِ وَالنَّهَارِ لَآيَاتٍ لِأُولِي الْأَلْبَابِ

190. Artinya: "Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan pergantian malam dan siang terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang berakal," (QS. Ali Imran: 190)

Baca Juga: Resep Sala Lauak Khas Pariaman Ala Lord Adi MasterChef Indonesia Season 8

Baca Juga: Lord Adi Masuk Nominasi Bersama Reyna di Silet Award 2021, Netizen : Anggota Kerajaan Siapkan Senjata Kalian

الَّذِينَ يَذْكُرُونَ اللَّهَ قِيَامًا وَقُعُودًا وَعَلَىٰ جُنُوبِهِمْ وَيَتَفَكَّرُونَ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ رَبَّنَا مَا خَلَقْتَ هَٰذَا بَاطِلًا سُبْحَانَكَ فَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

191. Artinya: "(yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri, duduk atau dalam keadaan berbaring, dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata), "Ya Tuhan kami, tidaklah Engkau menciptakan semua ini sia-sia; Mahasuci Engkau, lindungilah kami dari azab neraka," (QS. Ali Imran: 191)

Bacaan Latin

Inna fii kholqis samaawaati wal ardli wakhtilaafil laili wan nahaari la-aayaatil l-ulil albaab. Alladziina yadzkuruunallooha qiyaamaw wa qu’uudaw wa ‘alaa junuubihim wayatafakkaruuna fii kholqis samaawaati wal ardli robbanaa maakholatqa haaadzaa baathilaa, subhaanaka faqinaa ‘adzaaban naar

Baca Juga: Lord Adi Jebolan Masterchef Indonesia Buktikan Dirinya Bakal Jadi Saingan Artis Ternama, Adi: Bahaya Ini

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky

Sumber: Kemenag Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah