Takjub! 5 Masjid Berusia Tua Berdiri Kokoh Jadi Tujuan Wisata Religi

- 5 April 2022, 06:30 WIB
Masjid Istiqlal
Masjid Istiqlal /



BERITA KBB - Di bulan Ramadhan kali ini, kita harus lebih mengetahui sisi Islam dari berbagai aspek.

Salah satunya, Masjid yang masih berdiri kokoh meskipun sudah berusia tua.

Masjid tersebut menandakan bahwa Islam masuk ke Indonesia sudah sangat lampau.

Dan kita patut bersyukur lahir di Negara yang mayoritas beragama Islam.

Sehingga, tidak perlu khawatir apabila sedang berada di luar kota dan harus menunaikan ibadah.

Silakan kunjungi masjid dimanapun bahkan perdalam sejarah Islam dengan menelisik masjid-masjid yang tersebar di seluruh Indonesia berikut:

Baca Juga: Jadwal Berbuka Puasa dan Imsak Untuk Wilayah Bandung

1. Masjid Raya Baiturrahman
Masjid ini dibangun oleh Sultan Iskandar Muda pada tahun 1612. Akan tetapi, versi lain mengatakan bahwa masjid ini dibangun di tahun 1292 oleh Sultan Alaidin Mahmudsyah. Masjid ini tetap kokoh berdiri meskipun saat itu Aceh diterjang Tsunami setinggi 30 meter dengan kekuatan gempa 9,3 m pada tahun 2004.

2. Masjid Raya Ganting
Sejarah mengatakan bahwa masjid ini awalnya dibangun pada tahun 1700. Namun, beberapa kali dipindahkan sampai akhirnya berada di daerah Ganting, kota Padang, Sumatra Barat mulai tahun 1805. Atapnya yang berbentuk persegi delapan itu dibuat oleh para pekerja etnis Cina. Masjid ini juga tetap kokoh dan tidak mengalami kerusakan pada saat dilanda gempa dan Tsunami di tahun 1833.

3. Masjid Istiqlal
Masjid terbesar di Asia Tenggara ini diprakarsai oleh Bung Karno pada tahun 1951. Diarsiteki Frederich Silaban, masjid ini baru mulai dibangun pada tahun 1961 dan merampungkan pembangunannya pada tahun 1978. Nama masjid ini diambil dari bahasa Arab yang berarti “Kemerdekaan.”  Masjid Istiqlal dibangun di atas reruntuhan bekas benteng Belanda, benteng Prins Frederik yang didirikan pada tahun 1873.

Baca Juga: Barcelona Resmi Gaet Spotify Untuk Musim Depan, Logo Spotify akan Hiasi Jersey Utama sampai Stadion Camp Nou

4. . Masjid Sunan Ampel
Didirikan tahun 1421 oleh Sunan Ampel bersama dua sahabatnya, yang dikenal dengan Mbah Sholeh dan Mbah Sonhaji. Bangunan dengan luas kurang lebih 2 km persegi itu memiliki keunikan berupa 16 tiang kayu setinggi 17 meter dengan diameter 60 cm. Kawasan Wisata Religi Sunan Ampel, lokasi Masjid Sunan Ampel, tiap harinya dipenuhi oleh wisatawan yang berziarah ke makam Sunan Ampel di sekitar halaman masjid. Di kompleks pemakaman masjid itu juga terdapat makam salah satu pahlawan nasional, yaitu KH Mas Mansyur.

5. Masjid Menara Kudus
Sunan Kudus mendirikan masjid di kota Kudus pada tahun 1549 dengan menggunakan batu pertama dari Baitul Maqdis, dari Palestina. Bentuk menara yang mirip dengan bentuk candi menunjukkan percampuran pengaruh agama Hindu dan Budha, seperti cara Sunan Kudus menyampaikan ajaran agama Islam agar lebih mudah dimengerti oleh penganut agama Hindu dan Budha pada masa itu. Menara masjid ini dibangun tanpa menggunakan semen sebagai perekatnya dan dihiasi oleh 32 piring biru yang berhiaskan lukisan.

Sungguh menakjubkan beberapa masjid kokoh tersebut.

Sejarah yang menjadi saksi bahwa Islam itu berkembang pesat di Indonesia.

Selamat berpuasa dan selamat berwisata religi. ***

Editor: Siti Mujiati

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah