Kesiangan dan Terlewat Waktu Sholat Shubuh, Ini yang Harus Anda Lakukan

- 13 Oktober 2020, 10:01 WIB
Ilustrasi Waktu Subuh
Ilustrasi Waktu Subuh /Instagran @ruangpotret03

Berita KBB- Setiap orang terutama yang beragama Islam pasti pernah merasakan kelelahan dikarenakan pekerjaan, sehingga telat bangun untuk melakukan sholat shubuh. Dengan kata lain sholat shubuhnya tertinggal atau terlewat.

Dalam Islam, salat waktu ibarat tiang penopang dari suatu bangunan. Tiang yang dimaksud di sini adalah tiang utama. Artinya jika tiang ini roboh, tentu bangunan tersebut akan roboh.

Ibarat tiang tersebut, salat dalam Islam memiliki kedudukan yang sangat penting, sehingga Rasulullah menyatakan bahwa salat adalah tiang agama Islam.

Baca Juga: Sinopsis 'Mahabharata' Episode 21, Selasa 13 Oktober 2020, Tayang Pukul 14.30 WIB di ANTV

Sebagaimana sabda Rasulullah SAW.

اَلصَّلاَةُ عِمَادُ الدّيْنِ فَمَنْ اَقَامَهَا فَقَدْ اَقَامَ الدّيْنِ وَمَنْ تَرَكَهَا فَقَدْ هَدَمَ الدّيْنِ

Artinya: “Salat adalah tiang agama. Barang siapa yang menegakkan salat,maka berarti ia menegakkan agama, dan barang siapa yang meninggalkan salat berarti ia merobohkan agama”. (HR. Bukhari Muslim)

Salat shubuh sebagai salah satu salat fardhu memang berada dalam waktu yang cukup berat. Yaitu ketika kita harus terbangun di tengah lelapnya tidur. Banyak umat Islam yang sering lalai akibat bangun terlalu siang dan memilih untuk meninggalkan salat subuhnya.

Dikutip beritakbb.com dari Okezone, Bagi orang yang tertidur dan tidak bangun di waktu subuh hingga matahari terbit, maka saat bangun ia harus segera melaksanakan salat subuh. Dalam hal ini, ia tidak berdosa.

Baca Juga: Sinopsis 'Bawang Putih Berkulit Merah' ANTV, Selasa 13 Oktober 2020, Ulah Diana dan Adhiguna

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra

Sumber: Okezone


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x