Manfaat dan Khasiat Daging Kambing untuk Kesehatan, Bisa Cegah Kanker Sampai Bakar Lemak

- 4 Juli 2022, 18:44 WIB
Olahan daging kambing banyak sekali sajiannya. Tetapi, masih banyak orang yang belum tahu betapa manfaatnya daging kambing saat disantap
Olahan daging kambing banyak sekali sajiannya. Tetapi, masih banyak orang yang belum tahu betapa manfaatnya daging kambing saat disantap /Tangkapan layar Youtube.com/NRQ Kitchen
 
 
BERITA KBB - Bingung ketika punya daging kambing mau diolah menjadi apa? Apalagi nanti ketika lebaran kurban bakal banyak daging dari pemberian-pemberian pemotongan hewan kurban. 
 
Tapi, tahu enggak sih kalian jika daging kambing ini ternyata miliki khasiat atau manfaat buat kesehatan?
 
Daging kambing memang terkenal dengan kolesterol yang tinggi sehingga bisa sebabkan darah tinggi, namun apakah benar?
 
 
Dilansri dari Live Strong, yang menyebutkan bahwa daging kambing ini punya kandungan lemak juga kolesterol rendah loh dibanding daging sapi, misalnya dalam 100 gram daging kambing itu punya kandungan 109 kalori dan 20,6 gram protein.
 
Lalu, kandungan lemaknya sekitar dua gram. Selain itu, kalian juga harus tahu kalau daging kambing ini rendah kolesterol dan tak mengandung karbohidrat.
 
Harus dipertegas, daging yang dimaksud ini murni daging merah tanpa jeroan, seperti usus, babat, atau otak. Lalu, bagaimana dengan mitos kalau daging kambing ini pemicu tekanan darah tinggi, ternyata tidaklah sepenuhnya benar kawan.
 
 
Dokter Johanes spesialis gizi, mengatakan kalau mitos itu usang. Justru daging kambing itu bila dikonsumsi satu kilogram tidak akan darah tinggi.
 
"Daging kambing cukup sehat asal dagingnya saja. Bukan dengan jeroan ya," katanya.
 
Nutrisi daging kambing ialah miliki zat besi dan potasium yang berguna menstabilkan jantung. Selanjutnya, kadar natrium pada daging kambing tergolong rendah loh, sehingga bermanfaat bagi penderita tekanan darah.
 
 
Perlu diperhatikan juga proses pengolahannya agar tepat guna meminimalisasi resiko kesehatan saat mengonsumsinya.
 
Berikut manfaat konsumsi daging kambing:
 
1. Mencegah kanker
 
Daging kambing ada kandungan CLA (Conjugated Linoleic Acid) atau asam lemak mampu cegah kanker dan minimalisasi peradangan. Lalu, kandungan lain ialah selenium juga klorin yang membantu minimalisasi resiko penyakit kronis.
 
2. Anti inflamasi
 
Dengan mengonsumsi daging kambing bisa hambat peradangan di pembuluh darah dan stabilkan detak jantung.
 
3. Bakar lemak
 
Daging kambing kaya vitamin B yang bisa bantu tubuh bakar lemak. Daging kambing cocok dikonsumsi saa diet.
 
4. Cegah anemia
 
Khusus ibu hamil dan wanita menstruasi bisa cegah anemia. Bahkan membantu tingkatkan sirkulasi darah dan mencegah bayi cacat lahir.
 
5. Tingkatkan kesehatan mental
6. Cegah stroke dan gangguan ginjal
7. Menjaga kesehatan tulang.***

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x