Innalillahi.. Waspada Gempa di Pacitan, BMKG Ingatkan Potensi Tsunami 28 Meter di Jawa Timur

- 22 Juli 2021, 16:36 WIB
Ilustrasi tsunami. BMKG ingatkan potensi tsunami dahsyat di Pacitan, Jawa Timur.
Ilustrasi tsunami. BMKG ingatkan potensi tsunami dahsyat di Pacitan, Jawa Timur. /Pixabay



BERITA KBB – Wilayah Kabupaten Pacitan, Jawa Timur merupakan salah satu daerah rawan gempa dan tsunami.

Terkait dengan hal itu, Badan Meteorologi Klimatoogi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan potensi tsunami yang diperkirakan bisa mencapai 25-28 meter.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati meminta jajaran Kementerian Sosial mengantisipasi skenario terburuk gempa dan tsunami di Pacitan.

Menurut dia, potensi tersebut lantaran dalam peta, Kabupaten Pacitan dekat dengan teluk yang mengumpulkan tenaga gelombang tinggi dan relatif dekat dengan letak episentrum gempa, sehingga dapat dikatakan menjadi zona merah.

Baca Juga: Akun Sintadearfiani Viral Sudah Unggah Grebek Suami dengan Selingkuhan, Netizen:Tau Gitu Suaminya Jadi Kurban

“Misalnya peta daerah Pacitan, Jawa Timur, warna merah menunjukkan gelombang tinggi 10-14 meter, semakin merah semakin tinggi pula gelombang, warna kuning gelombang 2-3 meter, serta warna hijau gelombang setengah meter, ” ujar Dwikorita saat Menteri Sosial Tri Rismaharini memberikan arahan atas kesiapsiagaan bencana secara daring di Jakarta, Rabu 21 Juli 2021 dilansir Antara.

Pada kasus Kabupaten Pacitan, akses zona merah menuju zona hijau kemungkinan tercepat melalui sungai yang mengalir.

Sayangnya jika terjadi tsunami, sungai tersebut menurut Dwikorita berpotensi menambah dampak kerusakan wilayah.

Baca Juga: Ini Dia Instagram Prilia Berliani yang Dicari Netizen Karena Pelakor, Sinta Ungkap Fakta Mengejutkan Suaminya

Secara geografis, Kabupaten Pacitan terletak di ujung barat daya Provinsi Jawa Timur. Wilayahnya berbatasan dengan Kabupaten Ponorogo di utara, Kabupaten Trenggalek di timur, Samudra Hindia di selatan, serta Kabupaten Wonogiri (Jawa Tengah) di barat.

Halaman:

Editor: Cecep Wijaya Sari

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x