Siapakah Akidi Tio? Pengusaha yang Berikan Bantuan Uang Rp 2 Triliun Ini Makna Nama Akidi Bagi Dokter Keluarga

- 27 Juli 2021, 11:35 WIB
Biodata Akidi Tio, Pengusaha Besi dan Kontainer Asal Aceh yang Dermawan Sumbang 2 Triliun
Biodata Akidi Tio, Pengusaha Besi dan Kontainer Asal Aceh yang Dermawan Sumbang 2 Triliun /Tangkap Layar akun Facebook/@setyoyuliwidyanto./

BERITA KBB- Masyarakat Indonesia dikagetkan dengan kegiatan dermawan keluarga pengusahan Akidi Tio. Pasalnya, tak tanggung-tanggung uang bantuan yang diberikan kepada Provinsi Sumatera Selatan mencapai Rp2 Triliun.

Lalu siapakah Akidi Tio? Berikut ini penjelasan keluarga mengenai sosok dan makna dari nama seorang almarhum Akidi.

Diketahui Akidi Tio adalah pengusaha yang berasal dari Aceh. Sosok Akidi Tio tak banyak diketahui oleh orang-orang. Namun, menurut berbagai sumber, keluarga Akdii Tio mengelola usaha dibidang konstruksi dan kontraktor.

Baca Juga: Sinopsis Ikatan Cinta 27 Juli 2021: Cathrine Beberkan Kronologi Roy Terbunuh ke Nino, Elsa Syok

Akidi Tio ramai dipebincangkan usai keluarganya memberi sumbangan untuk penanggulangan Covid-19 di Palembang, Sumatera Selatan.

Awal mula pemberian bantuan penanggulangan Covid-19 itu diamanahkan ke dokter keluarga almarhum Akidi Tio, Hardi Darmawan.

Prof Hardi Darmawan adalah dokter keluarga selama 48 tahun. Hardi tiba-tiba mendapatkan telepon dari keluarga Akidi Tio. Hardi mengira jika telepon yang ia terima adalah mengenai konsultasi kesehatan.

Baca Juga: Keluarga Akidi Tio Sumbangkan Uang Rp2 Triliun Kepada Provinsi Sumatera Selatan, Addie MS: Sosok yang Dermawan

Namun prasangka Hardi tidak benar, dirinya mendapatkan amanah dari keluarga Akidi Tio untuk menyerahkan uang sebesar Rp2 Triliun. Oleh Hardi, dana sumbangan itu diserahkan ke Kapolda Sumsel Eko Indra Heri Senin, 26 Juli 2021.

Hardi Darmawan menyebut bahwa sosok Akidi Tio merupakan seorang pengusaha sukses di bidang pembangunan dan kontraktor asal Langsa, Kabupaten Aceh Timur. Hanya saja, selama ini keluarga Akidi Tio tinggal di Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel).

Ini yang menjadi alasan mengapa keluarga almarhum Akidi Tio ingin berbagi dengan masyarakat Sumsel.

Baca Juga: Trailer dan Daftar Pemain FTV Aku Mau Cinta yang Hunya Hinyu, Selasa 27 Juli 2021, ada Fauzan Nasrul

Semasa hidupnya, Akidi Tio selalu menekankan kepada anak-anak dan cucunya agar mau membantu dan berbagai dengan sesama yang membutuhkan.

Menurut Hardi Darmawan, kebiasaan Akidi Tio berbagi kini turun  kepada tujuh anaknya yang juga merupakan  pengusaha sukses. mayoritas anaknya kini menetap di Jakarta, namun ada juga yang  bermukim di Palembang.

"Sesuai dengan namanya, Akidi artinya keyakinan. Dia (Akidi Tio) sudah berpesan pada anak, cucu, cicit, kalau kamu berhasil di bidang apapun, jangan lupa menyisihkan untuk orang-orang miskin, itu pesan beliau," ujar Hardi Darwaman.

Baca Juga: Profil dan Biodata Sinta Rizki Dewi Afriani atau Sintadearfiani yang Viral karena Video Penggerebekan Suami

Menurut Hardi Darmawan, Almarhum Akidi Tio dan keluarga telah juga banyak membantu masyarakat selama hampir 1,5 tahun pandemi covid-19 terjadi di Indonesia.

Bahkan  keluarga dermawan ini, kata Hardi, tidak hanya membantu di Palembang saja, tetapi juga banyak wilayah.

Selama ini, semuanya dilakukan  tanpa ada publikasi ke media.  "Bahkan sebelum pandemi keluarga ini sering membantu ke panti-panti jompo di Palembang. Selain itu bantuan  disalurkan kepada kelompok-kelompok yang marjinal dan orang kesusahan," ujarnya.

Hardi Darmawan awalnya mengaku sempat  dibuat kaget dengan niat keluarga untuk mendonasikan uang hingga  Rp2 triliun  untuk penanganan covid-19 di Sumsel.

"Biasanya mereka itu nelpon untuk berobat. Tapi justru waktu itu malah bikin saya surprise karena mereka bilang mau kasih sumbangan dana bantuan untuk penanganan covid dan kesehatan di Sumsel. Jumlah juga tidak tangung-tanggung besarnya," kata dia.***

Editor: Miradin Syahbana Rizky

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah