Generasi Muda Diajak Jadikan Momentum Presidensi G20

- 30 Januari 2022, 20:36 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat menjadi pembicara kunci (keynote speaker) dalam acara Y20 Alumni Gala Dinner di Tugu Kunstring Paleis, Jakarta, Sabtu (29/1/2022).
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat menjadi pembicara kunci (keynote speaker) dalam acara Y20 Alumni Gala Dinner di Tugu Kunstring Paleis, Jakarta, Sabtu (29/1/2022). /Angga Yogaswara/Biro Adpim Jabar/

BERITA KBB - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengajak generasi muda untuk memanfaatkan momentum baik. Mengingat, Indonesia sedang mendapatkan angin segar dengan berbagai sorotan positif dari beberapa negara dunia.

Misalnya, Indonesia diprediksi akan menjadi salah satu kekuatan ekonomi dunia pada 2045. Saat ini, Indonesia berada di peringkat 16 di antara negara-negara G20.

Bahkan, Indonesia dipercaya untuk menjadi tuan rumah pertemuan forum internasional G20 tahun 2022 atau presidensi G20. Oleh karena itu, para generasi muda harus memanfaatkan kesempatan ini untuk membuat negara lain terkesan.

Baca Juga: Di Ajang G20 Tahun 2022, Indonesia Kampanyekan Dunia Kerja Inklusif

Hal ini dikatakan oleh Ridwan Kamil saat menjadi pembicara kunci (keynote speaker) dalam acara Y20 Alumni Gala Dinner di Tugu Kunstring Paleis, Jakarta, Sabtu (29/1/2022).

"Jadi momentumnya sekarang, kita diberikan kepercayaan untuk menjadi presidensi G20. Pulang dari Indonesia dunia harus _impresed_dengan kita," kata Ridwan Kamil. 

Apalagi, Indonesia juga memiliki bonus demografi yang bisa menjadi motor pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Bonus demografi ini karena sebagian besar penduduk Indonesia memiliki usia produktif atau kerja.

Baca Juga: Jelang Forum G20, Kemnaker Kembali Latih Liaison Officers

"Ekonomi kita kuasai tapi harus cari teman jangan eksklusif dengan habitatnya sendiri yang terbatas. Di tahun-tahun itu Indonesia anak mudanya hampir 70 persen dari 300 juta semuanya kerja. Itukan jadi mesin," katanya. 

Meskipun begitu kata Ridwan Kamil, ada banyak tantangan berat yang menanti generasi muda Indonesia ini. Tantangan pertama adalah terkait dengan isu pemanasan global atau global warming.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x