NASA Luncurkan Satelit “SWOT” Dengan Misi Melacak Semua Air Yang Ada Di Permukaan Bumi

- 17 Desember 2022, 16:21 WIB
NASA Luncurkan Satelit “SWOT” Dengan Misi Melacak Semua Air Yang Ada Di Permukaan Bumi
NASA Luncurkan Satelit “SWOT” Dengan Misi Melacak Semua Air Yang Ada Di Permukaan Bumi /CAROLINE BREHMAN/Pool via REUTERS

BERITA KBB -Baru-baru ini Badan Penerbangan dan Antariksa Nasional Amerika Serikat NASA mengumumkan akan melawan semua air yang ada di permukaan bumi.

Nantinya seluruh air di permukaan bumi akan dilacak oleh satelit ilmu Bumi yang telah diluncurkan oleh NASA pada hari Jumat (16/12/2022).

Satelit tersebut dinamai Surface Water And Ocean Topography (SWOT) yang diluncurkan oleh roket SpaceX di Space Launch Complex 4E, Vandenberg Space Force Base, California.

Menurut NASA, satelit itu mampu mengukur ketinggian air di sejumlah perairan air tawar dan lautan lebih dari 90 persen permukaan bumi.

 

Baca Juga: Mengenal OCD, Inilah 4 Tanda yang Harus Diketahui

Setelah terpisah dari roket Falcon 9 SpaceX, SWOT akan mencoba memperoleh sinyal dari bumi dan selanjutnya akan menjalankan serangkaian uji coba dan kalibrasi.

Rencananya SWOT akan mengumpulkan data-data sains termasuk melacak semua air di permukaan bumi dalam waktu enam bulan kedepan.

Ini merupakan misi satelit pertama pelacakan hampir semua air di permukaan bumi yang telah bekerjasama dengan badan antariksa Prancis Centre National D'Etudes Spatiale dan Badan Antariksa Kanada serta Badan Antariksa Inggris.***

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x