Kepala Desa Demo di Depan Gedung DPR RI, Apa Tuntutan Para Demonstran?

- 17 Januari 2023, 21:51 WIB
Ketua DPP PDIP Said Abdullah. Kepala Desa Demo di Depan Gedung DPR RI, Apa Tuntutan Para Demonstran?
Ketua DPP PDIP Said Abdullah. Kepala Desa Demo di Depan Gedung DPR RI, Apa Tuntutan Para Demonstran? /

 

BERITA KBB – Gabungan para Kepala Desa (kades) melakukan demonstrasi di depan gedung DPR RI pada hari Selasa, 17 Januari 2023.

Demonstrasi tersebut dilakukan untuk menuntut adanya perubahan pada masa jabatan yang asalnya 6 tahun menjadi 9 tahun masa jabatan.

Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR RI Said Abudullah mengapresiasi tuntutan tersebut yang dilakukan oleh para Kepala Desa.

"Mengapresiasi aspirasi para kepala desa yang menghendaki perubahan masa jabatan dari 6 tahun menjadi 9 tahun. Dasar pertimbangannya, proses pemilihan kepala desa dalam banyak kasus menimbulkan ketegangan bahkan fragmentasi sosial yang dalam beberapa kasus memuncak secara eksesif," kata Said dalam keterangan tertulisnya, Selasa (17/1/2023).

Baca Juga: PSMS Medan Resmi Dibubarkan! Management dan Klub Liga 2 Lain Bakal Ambil Jalur Hukum

Hal tersebut tidak lain karena pilkades dengan masa jabatan 6 tahun kerap menimbulkan pembelahan sosial. Said mengatakan bahwa dengan perpanjangan masa jabatan tersebut akan memudahkan kepala desa dalam pembelahan sosial agar dapat kunjung pulih.

"Saya mendukung aspirasi kepala desa untuk direvisi dari semula 6 tahun menjadi 9 tahun agar jarak kontestasi pilkades lebih lama, agar tidak menguras energi sosial warga desa akibat dampak pembelahan sosial karena pilkades," katanya.

Lalu, sesuai juga dengan Undang-Undang Desa, pelaksanaan Pilkades yang dilaksanakan serentak kerap menimbulkan beban anggaran yang cukup besar. Dengan memperpanjang masa jabatan kepala desa tersebut maka akan meringankan Pemda dalam menjalankan fungsi anggaran kepala desa dengan baik.

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x