Presiden RI Akan Umumkan Stop Ekspor Tembaga Tahun Ini. Jokowi: Jangan Mundur Kalau Mau Jadi Negara Maju

- 3 Februari 2023, 07:33 WIB
Ilustrasi tempat minum dari tembaga. Presiden RI Akan Umumkan Stop Ekspor Tembaga Tahun Ini. Jokowi: Jangan Mundur Kalau Mau Jadi Negara Maju
Ilustrasi tempat minum dari tembaga. Presiden RI Akan Umumkan Stop Ekspor Tembaga Tahun Ini. Jokowi: Jangan Mundur Kalau Mau Jadi Negara Maju /Pexels/Veli Can/

BERITA KBB – Presiden RI Joko Widodo mengatakan segera mengumumkan kebijakan penghentian ekspor bahan mentah tembaga.

Hal tersebut dikarenakan mengikuti langkah yang sudah berlaku untuk bahan mentah lain seperti nikel disusul bauksit per Juni nanti.

"Saya sudah sampaikan di Desember kemarin bauksit stop bulan Juni. Nanti sebentar lagi mau saya umumkan lagi tembaga stop tahun ini. Stop," kata Jokowi saat menjadi pembicara kunci dalam Mandiri Investment Forum 2023 di Jakarta, Rabu, yang disiarkan kanal YouTube resmi Sekretariat Presiden.

Baca Juga: Tim Penasihat Hukum: Richard Eliezer Patuh Atas Perintah Sambo Untuk Menembak Yosua!

Jokowi juga menjelaskan pertimbangannya untuk menghentikan ekspor tembaga yang didasari oleh hasil tinjauan progres smelter PT Freeport Indonesia yang berada di Gresik, Jawa Timur, dan fasilitas lainnya yang serupa di Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Saya cek kemarin smelternya Freeport dan smelter yang ada di NTB sudah lebih dari 50 persen jadi, Freeport itu sudah 51 persen. Jadi, berani kita stop," katanya.

Jokowi mengingatkan bahwa saat Ini indonesia sudah menjadi pemilik mayoritas dari saham PT Freeport Indonesia.

"Jadi, jangan terbayang-bayang lagi Freeport itu masih miliknya Amerika (Serikat). Sudah mayoritas kita miliki," ujar Jokowi.

Baca Juga: Dituntut 12 Tahun Penjara, Duplik Richard Minta Hakim Jatuhi Hukuman Paling Ringan Dibandingkan Terdakwa Lain

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: antaranews.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x