Korban Gempa Turki Suriah Lebihi 33.000,Inilah Kisah Penyelamatan Anak-Anak di Tengah Tipisnya Peluang Selamat

- 13 Februari 2023, 12:34 WIB
Korban Gempa Turki Suriah Lebihi 33.000,Inilah Kisah Penyelamatan Anak-Anak di Tengah Tipisnya Peluang Selamat
Korban Gempa Turki Suriah Lebihi 33.000,Inilah Kisah Penyelamatan Anak-Anak di Tengah Tipisnya Peluang Selamat /Twitter @kyuchanvr/
 

Berita KBB - Jumlah korban tewas akibat gempa bumi Turki dan Suriah dilaporkan telah melebihi 33.000 orang per Minggu 12 Februari 2023. Jumlah tersebut terdiri atas 29.605 korban tewas di Turki dan lebih dari 4.500 korban tewas di Suriah.

Dikutip Berita KBB dari Al Jazeera, Menteri Kesehatan Turki Fahrettin Koca menyebutkan, 1 bayi berhasil diselamatkan dari puing-puing reruntuhan bangunan di Provinsi Hatay. Bayi tersebut diangkat 150 jam sejak gempa melanda daerah tersebut.

Berikut Berita KBB ungkap detail lebih lanjut terkait kisah penyelamatan bayi dan anak-anak lainnya dari reruntuhan bangunan akibat gempa tersebut.

Baca Juga: PTPN VIII dan Mitra Binaan Ikut Berpartisipasi dalam Acara Bertajuk Safety Riding PT Jasa Marga

Menurut laporan The Guardian, bayi berusia 7 bulan bernama Hamza itu berhasil diselamatkan pada Minggu 12 Februari 2023. Dari video yang dibagikan Kementerian Kesehatan Turki, bayi tersebut tampak berbaring dengan tenang di atas usungan dalam keadaan memar dan berlumur debu.


Emira (5), bocah dari Kocaeli Turki, berhasil dievakuasi oleh regu penyelamat. Sementara itu di Hatay, bocah perempuan bernama Cudi (10) diselamatkan melalui lubang di lantai sebuah bangunan yang rusak. Cudi diketahui sudah terjebak selama 147 jam.


Selain itu, Ezma Sultan (13) juga berhasil diselamatkan bersama korban lainnya bernama Sezai Karabas dan anak perempuannya di Gaziantep, Turki. Mereka bertiga diselamatkan 132 jam setelah gempa berkekuatan 7,8 magnitudo itu melanda.


Mereka diselamatkan di tengah menipisnya peluang untuk menemukan para penyintas gempa Turki dan Suriah. Para ahli mengatakan, rerata keselamatan para korban di hari kelima saja sudah menurun ke angka 6 persen.

Baca Juga: Daftar Pemain FTV SCTV Cowok Mreki Bikin Jatuh Hati, Salah Satunya Ada Ridwan Ghani dan Rachquel Nesia

900.000 Warga Turki dan Suriah Butuh Makanan Panas


Sementara itu di Suriah, pihak PBB memprediksi sekitar 5,3 juta orang di Suriah kehilangan rumahnya pasca gempa. Selain itu, 900.000 orang di Turki dan Suriah sangat membutuhkan makanan panas.


“Sebanyak 5,3 juta orang di Suriah tidak memiliki rumah setelah gempa terjadi. Ini jumlah yang besar dan menimpa populasi yang sudah menderita dari perpindahan massal,” ujar perwakilan Komisioner Tinggi untuk Pengungsi PBB (UNHCR) untuk Suriah, Sivanka Dhanapala, Jumat 10 Februari 2023 kemarin.

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: The Guardian Aljazeera.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x