5 Makanan Mengandung Kalium Tinggi yang Bisa Cegah Penyakit Jantung, Ada Bayam dan Yogurt

- 27 Februari 2023, 09:52 WIB
Kacang-kacangan, makanan mengandung kalium tinggi.
Kacang-kacangan, makanan mengandung kalium tinggi. /Pixabay/ExplorerBob
 

Berita KBB - Mengkonsumsi makanan dengan kandungan kalium atau potasium yang tinggi sangatlah penting bagi tubuh. Pasalnya, tubuh manusia tidak bisa memproduksi sendiri zat elektrolit yang mengaktifkan berbagai fungsi sel dan saraf dalam tubuh ini.

Meskipun manusia hanya memerlukan sedikit kadarnya saja, kalium atau potasium sendiri memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Di antaranya menurunkan tekanan darah tinggi, mencegah penyakit jantung, mengurangi garam berlebih, dan mencegah batu ginjal.

Apa saja makanan yang kaya akan kalium ini? Berikut Berita KBB rangkum daftar 10 makanan mengandung kalium atau potasium tinggi yang bisa membantu Anda mencegah penyakit jantung dan penyakit lainnya.

Baca Juga: Anna Tereliminasi! Galeri MasterChef Indonesia Season 10 Tersisa Para Lelaki, Siapa Saja Itu?
  1. Kacang Kedelai


Seperempat cangkir kacang kedelai yang sudah direndam untuk kemudian dipanggang atau disangrai memiliki kandungan kalium sebanyak 315 mg. kacang kedelai juga mengandung nutrisi lain seperti magnesium, fosfor dan kalsium dan lebih sedikit lemak dan kalori.


Mengonsumsi kacang kedelai sangrai garing disarankan tanpa dibumbui garam, agar khasiat kalium mengurangi kadar garam tubuh bisa optimal.


  1. Bayam


Sebanyak 2 cangkir bayam mengandung lebih dari 300 mg kalium juga vitamin K. Sayuran hijau ini umum dikonsumsi sebagai salad, tapi bisa juga dibuat smoothie atau dipadupadankan dengan orek telur.


  1. Yoghurt


Produk hewani ini sangat kaya akan kalium, semakin sedikit kandungan lemaknya, maka semakin banyak kadar kaliumnya. Yogurt plain mengandung 625 mg mineral tersebut per cangkir, sedangkan yogurt yang berlemak hanya mengandung 380 mg.

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: Health National Institutes of Health


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x