5 Jenis Makanan yang Mengandung Probiotik untuk Kesehatan Pencernaan, Nomor 5 Tidak Disangka-Sangka

- 27 Februari 2023, 12:09 WIB
Ilustrasi probiotik.
Ilustrasi probiotik. /Pixabay/Alicia_Harper/

Berita KBB - Bakteri biasanya identik dengan sesuatu yang kotor, tidak higienis dan membawa penyakit. Namun jika Anda berpikir seperti itu, mungkin Anda belum tahu bahwa di dalam tubuh pun banyak sekali bakteri, terutama di sistem pencernaan kita.

Meski begitu, tenang saja. Bakteri yang ada di sistem pencernaan ini bukanlah bakteri yang membawa penyakit, melainkan bakteri yang berguna untuk membantu kinerja pencernaan atau biasa disebut probiotik.

Dikutip dari Health, ada 3 jenis probiotik yang terdapat dalam tubuh kita, yakni jenis bakteri Lactobacillus, bakteri Bifidobacterium, dan ragi seperti Saccharomyces boulardii. 

Baca Juga: Sinopsis Tajwid Cinta Senin 27 Februari 2023, Dafri Marahi Syifa Gara- Gara Ini!

Bakteri-bakteri baik itu bisa diperoleh dari jenis makanan tertentu, baik secara alami maupun sengaja ditambahkan oleh produsen makanannya. Dengan begitu, makanan yang dikonsumsi jadi memiliki kandungan probiotik yang baik untuk pencernaan.


Berikut ini 5 jenis makanan dan minuman yang mengandung probiotik atau bakteri baik:


  1. Tempe


Makanan ini pastinya sudah sangat akrab di semua kalangan masyarakat Indonesia. Tempe yang kerap dipasangkan dengan tahu ini dibuat dari kacang kedelai fermentasi. Makanan ini mengandung 33 gram protein per cup dan sumber zat besi yang baik.


Tempe yang juga berkhasiat menjaga kadar kolesterol ini bisa diolah menjadi sandwich, bacem, orek, atau dikeringkan dan dinikmati bersama-sama dengan tahu.


  1. Yoghurt


Makanan ini juga tidak kalah populernya dengan tempe di kalangan masyarakat Indonesia. Yoghurt biasanya diproduksi dengan kandungan lemak penuh, low fat, atau tidak berlemak sama sekali. 

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: Health


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x