Peringatan Gelombang Tinggi: Hati-Hati Beraktivitas di Wilayah Perairan Samudera Hindia Selatan Jawa

- 4 Maret 2023, 09:30 WIB
 Ilustrasi gelombang tinggi
Ilustrasi gelombang tinggi /
 

Berita KBB - Bagi Anda yang sedang menuju wilayah pantai selatan Jawa untuk menghabiskan akhir pekan pada Sabtu 4 Februari ini, ada baiknya untuk berhati-hati bila berencana berlayar dengan perahu ke lepas pantai.

Pasalnya, pada hari ini Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memantau adanya gelombang tinggi di wilayah perairan Samudera Hindia di sepanjang selatan Pulau Jawa.

Diketahui tinggi gelombang di perairan tersebut mencapai 4 meter, dengan arah angin cenderung bergerak dari barat daya ke barat laut dengan kecepatan 5 - 25 knot atau sekitar 9 - 46 kilometer per jam. 

Baca Juga: Jadwal Indosiar Sabtu 4 Maret 2023, Ada Sinetron Panggilan, City Hunter dan BRI Liga 1:PERSIK vs Barito Putera

BMKG menyebut, untuk hari ini, gelombang tinggi di perairan Indonesia berkisar antara 1,25 meter yang tergolong gelombang sedang, hingga 6 meter yang termasuk dalam gelombang tinggi.


Salah satu perairan yang terpantau bergelombang sangat tinggi adalah perairan Kepulauan Anambas hingga Kepulauan Natuna. Menurut BMKG, tinggi gelombang di perairan tersebut mencapai 6 meter.


Di perairan tersebut, angin bertiup dengan kecepatan angin berkisar 18 - 46 kilometer per jam dan bertiup dari utara ke timur. Cuaca di sana diprakirakan hujan ringan hingga lebat.


Untuk lebih jelasnya, berikut ini peringatan gelombang tinggi Sabtu 4 Maret 2023 yang dikeluarkan BMKG, berlaku dari hari ini pukul 07.00 WIB hingga Minggu 5 Maret 2023 pagi.


Perairan Bergelombang Sedang (1,25 – 2,5 Meter)

 

BMKG memantau gelombang sedang berkisar 1,25 – 2,5 meter di perairan utara Sabang, Perairan barat Aceh hingga Kepulauan Mentawai, Perairan Bengkulu hingga barat Lampung, Samudra Hindia barat Sumatera, perairan timur Bintan hingga Kepulauan Lingga, Perairan utara Pulau Bangka.

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x