Nelayan Harap Waspada! BMKG Pantau Ada Gelombang Tinggi di Sejumlah Perairan di Indonesia, Berikut Daftarnya

- 11 Maret 2023, 09:18 WIB
Ilustrasi gelombang tinggi /Pixabay/Schäferle
Ilustrasi gelombang tinggi /Pixabay/Schäferle /
 

Berita KBB - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan gelombang tinggi yang terpantau di sejumlah perairan Indonesia, Sabtu 11 Maret 2023 pagi.

Menurut BMKG, tinggi gelombang di sejumlah perairan Indonesia terpantau berketinggian sedang, antara 1,25 meter hingga 2,5 meter. Gelombang yang lebih tinggi tidak terpantau di perairan mana pun pada hari ini.

Diketahui, pola angin di perairan Indonesia bagian utara cenderung bertiup dari barat laut ke arah timur laut, sedangkan di perairan bagian selatan, angin cenderung bertiup dari arah tenggara ke barat daya. Kecepatan angin berkisar 5 - 20 knot atau 9 - 37 kilometer per jam.

Baca Juga: Sinopsis Nakusha ANTV Sabtu, 11 Maret 2023: Nakusha Curiga Bajirao Sembunyikan Sesuatu darinya

Mana sajakah perairan Indonesia yang terpantau bergelombang sedang pada hari ini? Berikut Berita KBB rangkum informasinya berdasarkan pada situs resmi BMKG.

Gelombang dengan ketinggian sedang terpantau di perairan utara Sabang, perairan barat Pulau Simeulue hingga Kepulauan Mentawai, perairan Enggano – barat Lampung, Samudra Hindia barat Sumatra, Selat Sunda bagian barat dan selatan.

Selain itu, gelombang 1,25 hingga 2,5 meter ini juga terpantau di perairan selatan Banten hingga Pulau Sumba, Selat Bali – Lombok – Alas bagian selatan, Samudra Hindia selatan Jawa hingga Nusa Tenggara Timur, Perairan selatan Pulau Sawu, Laut Natuna Utara,

Gelombang sedang juga terpantau di Perairan Kepulauan Anambas – Kepulauan Natuna, Laut Natuna, perairan Kepulauan Sangihe – Kepulauan Talaud, Laut Maluku bagian utara, perairan barat dan timur Halmahera, Laut Halmahera, perairan utara Papua Barat hingga Papua, dan Samudra Pasifik utara Halmahera hingga Papua.

Baca Juga: Jadwal Acara Indosiar 11 Maret 2023, Ada Match Madura United vs PSS Sleman dan Bhayangkara FC vs Bali United

Peringatan gelombang tinggi ini berlaku mulai dari Sabtu 11 Maret 2023 pukul 07.00 WIB hingga Senin 13 Maret 2023 pukul 07.00 WIB.

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x