Waspada Potensi Cuaca Ekstrem Hujan Lebat di di Indonesia hingga 16 Maret 2023, Berikut Wilayah yang Terdampak

- 10 Maret 2023, 11:08 WIB
Ilustrasi hujan lebat.
Ilustrasi hujan lebat. //Antara/Nova Wahyudi
 

Berita KBB - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi terjadinya potensi cuaca ekstrem di sejumlah wilayah Indonesia. Cuaca ekstrem ini berpeluang terjadi selama 1 minggu ke depan, mulai dari Jumat 10 Maret hingga Kamis 16 Maret 2023.

Menurut BMKG, selama periode tersebut, ada peningkatan intensitas hujan yang disebabkan oleh aliran massa udara dingin dari Asia. Peningkatan intensitas hujan ini juga disebabkan gelombang ekuatorial Rossby yang aktif di wilayah Indonesia.

Berkaitan dengan potensi cuaca ekstrem selama 10 Maret hingga 16 Maret 2023, BMKG mengimbau masyarakat agar waspada terhadap dampak yang ditimbulkan dari cuaca ekstrem, seperti banjir, longsor, dan angin kencang.

Baca Juga: Cegah Kejahatan Pencucian Uang atau TPPU, Menteri Hukum dan HAM Ungkap Pentingnya Beneficial Ownership

Berikut ini daftar wilayah yang terdampak potensi cuaca ekstrem selama 1 minggu ke depan:

Jumat - Sabtu, 10 - 11 Maret 2023

Potensi cuaca ekstrem diprakirakan terjadi di wilayah D.I. Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, dan Jawa Timur.

Cuaca ekstrem juga diprakirakan berdampak di Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat dan Papua.

Minggu - Senin, 12 - 13 Maret 2023:

BMKG memprakirakan potensi cuaca ekstrem terjadi di wilayah DI Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur dan Kalimantan Barat.

Baca Juga: Bangun Masjid di Pelosok Negeri, Dokumenter Jelajah Masjid Nusantara Ditayangkan di 21 Televisi Lokal

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x