Terima Gelar Kehormatan Kesultanan Tidore, Wakil Presiden Ma’ruf Amin: Pemacu Semangat Kawal Bangsa dan Negara

- 12 Mei 2023, 12:00 WIB
Terima Gelar Kehormatan Kesultanan Tidore, Wakil Presiden Ma’ruf Amin: Pemacu Semangat Kawal Bangsa dan Negara
Terima Gelar Kehormatan Kesultanan Tidore, Wakil Presiden Ma’ruf Amin: Pemacu Semangat Kawal Bangsa dan Negara /Instagram@kyai_marufamin
 

Berita KBB - Wakil Presiden Ma’ruf Amin menerima gelar kehormatan adat dari Kesultanan Tidore di Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara, Kamis 11 Mei 2023.

Wakil Presiden Ma’ruf Amin mendapatkan gelar Nau Manyira Ngofa Kadato Nyili Gulu Gulu Kesultanan Tidore. Gelar itu artinya Pangeran Sulung Anak Adat Kesultanan Tidore di Wilayah Jauh.

Dilansir laman resmi Wapres RI, Prosesi pengukuhan penganugerahan gelar adat kepada Wakil Presiden Ma’ruf Amin dilakukan secara langsung oleh Sultan Tidore, H. Husain Sjah.

Baca Juga: Sinopsis Daftar Pemain FTV Give Away Tiket Konsernya Dong Ngab, Ada Rachquel Nesia dan Rendy Kjaernett

“Pada hari ini saya Sultan Tidore H. Husain Sjah mengukuhkan Bapak Prof. Dr. K. H. Ma’ruf Amin sebagai Nau Manyira Ngofa Kadato Nyili Gulu Gulu Kesultanan Tidore yang artinya Pangeran Sulung Anak Adat Kesultanan Tidore di Wilayah Jauh,” ujar Sultan Tidore.


Setelah prosesi pengukuhan penganugerahan gelar adat itu usai, Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengucapkan terima kasih atas pemberian gelar tersebut dari Kesultanan Tidore.


“Saya mengucapkan terima kasih bahwa saya mendapatkan gelar penghormatan yang disebut sebagai Nau Manyira Ngofa Kadato Nyili Gulu Gulu Kesultanan Tidore yang artinya Pangeran Sulung Anak Adat Kesultanan Tidore di Wilayah Jauh,” ujar Ma’ruf Amin.

Baca Juga: Terinspirasi dari Kisah Sang Vokalis, Inilah Lirik Hingga Makna Lagu Adventure of a Lifetime - Coldplay

Dirinya mengaku merasa terhormat atas apresiasi yang diberikan oleh Kesultanan Tidore. Gelar adat ini, tambahnya, akan menjadi pemacu semangatnya dalam mengawal bangsa dan negara.


“Ini merupakan kehormatan yang luar biasa yang saya tidak menduga akan mendapat gelar kesultanan dari Tidore. Mudah-mudahan ini memberikan semangat kepada saya untuk terus mengabdi kepada agama, bangsa, dan negara,” pungkas Ma’ruf.


Penganugerahan gelar adat Nau Manyira Ngofa Kadato Nyili Gulu Gulu Kesultanan Tidore itu dimulai dengan pembacaan Surat Keputusan Sultan Tidore oleh Hukum Soasio, Menteri Dalam Negeri Kesultanan Tidore.


Dalam kesempatan tersebut, Ma’ruf Amin mengenakan baju adat Kesultanan Tidore berupa baju Belah Dada dan topi Besu.***

Editor: Siti Mujiati


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x