Update Kasus TPPO: 2.027 Korban Berhasil Dipulangkan, Dugaan Perdagangan Ginjal Masuk Tahap Penyidikan

- 12 Juli 2023, 15:21 WIB
Update Kasus TPPO: 2.027 Korban Berhasil Dipulangkan, Dugaan Perdagangan Ginjal Masuk Tahap Penyidikan
Update Kasus TPPO: 2.027 Korban Berhasil Dipulangkan, Dugaan Perdagangan Ginjal Masuk Tahap Penyidikan /
 

Berita KBB - 2.027 korban tindak pidana perdagangan orang (TPPO) berhasil diselamatkan Polri dalam kurun waktu 5 Juni hingga Senin 10 Juli 2023 lalu. Dari 644 laporan polisi, petugas juga telah menetapkan 749 orang tersangka kasus tersebut.

Hal itu sebagaimana disampaikan Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad, Selasa 11 Juli 2023 kemarin. "Jumlah tersangka pada kasus TPPO 749 orang. Sebanyak 2.027 korban dapat diselamatkan,” ungkapnya sebagaimana dilansir PMJ News.

Menurutnya, para korban terjebak modus para tersangka yang menawarkan pekerjaan mengurus rumah tangga dengan gaji yang besar. Padahal kenyataannya, para korban diberangkatkan secara ilegal dan tidak mendapatkan gaji seperti yang dijanjikan.

Baca Juga: Jadwal SCTV Rabu 12 Juli 2023 dan Link Nonton FTV Pagi “Sesama Tukang Copet Dilarang Mencuri Hati”

Ramadhan mengungkap, dari 644 kasus TPPO yang terkuak tim satgas, 188 kasus menggunakan modus tawaran pekerjaan sebagai pekerja seks komersial. Di samping itu, ditemukan juga 45 kasus eksploitasi anak dan 9 kasus eksploitasi anak buah kapal.


Sebelumnya pada Jumat 7 Juli 2023 petang, 13 orang WNI diduga korban TPPO tiba di Indonesia. Mereka datang dari Myawaddy, Myanmar, di mana perusahaan tempat mereka bekerja kemudian terlibat praktik penipuan online.


Menurut laman resmi Kementerian Luar Negeri RI, wilayah Myawaddy berada di daerah konflik yang sulit dijangkau oleh pihak berwenang dari Pemerintah Myanmar.


Para WNI itu berhasil kabur dan menyeberang ke Maesot, Thailand, di mana kemudian mereka diberikan perlindungan dan pendampingan dari KBRI Thailand selama proses pemeriksaan otoritas setempat.


Diketahui, para WNI itu berasal dari beberapa daerah di Indonesia, di antaranya DKI Jakarta, Jawa Timur, Sumatra Utara, Sumatra Barat, dan Kalimantan Barat.


Dugaan TPPO Perdagangan Ginjal

Baca Juga: Ada Film Doraemon “Usaha yang Bagus, Nice Try Nobita”, Cek Link Streaming dan Jadwal RCTI Rabu 12 Juli 2023

Sementara itu, terkait kasus dugaan TPPO perdagangan ginjal yang ditemukan di kawasan Tarumajaya, Bekasi, Jawa Barat, pihak Ditreskrimum Polda Metro Jaya masih terus melakukan pengusutan.

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: PMJ News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x