Heboh, Pabrik Jamu Ilegal di Banyuwangi Digerebek Bareskrim Polri, Barang Buktinya Bikin Kuduk Berdiri

- 12 Juli 2023, 15:55 WIB
Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan Penny K Lukito saat melakukan pengrebekan pabrik jamu ilegal di Dusun Krajan, RT. 003/RW. 004, Kelurahan/Desa Sumbersewu, Kecamatan Muncar, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.
Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan Penny K Lukito saat melakukan pengrebekan pabrik jamu ilegal di Dusun Krajan, RT. 003/RW. 004, Kelurahan/Desa Sumbersewu, Kecamatan Muncar, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. /Foto : Instagram @bpom/
 

Berita KBB - Desa Kedaleman, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur dibuat heboh dengan penggrebekan sebuah pabrik jamu ilegal di daerah tersebut oleh Bareskrim Polri. Pabrik tersebut diduga menggunakan bahan-bahan yang berbahaya bagi manusia.

Dilansir PMJ News Rabu 12 Juli 2023, dugaan pabrik jamu ilegal di Banyuwangi menggunakan bahan yang berbahaya itu disampaikan Dirtipidnarkoba Bareskrim Polri Brigjen Pol Mukti Juharsa.

“Pabrik ini memproduksi jamu ilegal yang berbahaya bagi kesehatan manusia,” ujar Mukti Juharsa seperti dikutip Berita KBB dari PMJ News.

Baca Juga: Jadwal SCTV Rabu 12 Juli 2023 dan Link Nonton FTV Pagi “Sesama Tukang Copet Dilarang Mencuri Hati”

Mukti mengungkapkan, pabrik jamu ilegal di Banyuwangi ini menjadi tempat pengolahan, pemasakan bahan baku dan pengemasan produk jamu ke dalam dus. 


“Di tempat ini proses pengolahan, pemasakan bahan baku hingga proses pengepakan di dalam dus,” ungkapnya.


Terkait detail lebih lanjut terkait pabrik jamu ilegal di Banyuwangi itu, Mukti tidak membeberkannya karena pihak Bareskrim Polri masih melakukan pengembangan. “Sampai saat ini kasus ini masih dilakukan pengembangan dalam kasus ini,” ujarnya.

Baca Juga: Ada Film Doraemon “Usaha yang Bagus, Nice Try Nobita”, Cek Link Streaming dan Jadwal RCTI Rabu 12 Juli 2023

Dalam penggerebekan pabrik jamu ilegal di Banyuwangi itu, Bareskrim Polri menyita puluhan drum berisi bahan-bahan yang tergolong berbahaya bagi manusia. Bahan-bahan itu diduga dipakai sebagai bahan baku pembuatan jamu.


“Berhasil disita ratusan ribu botol ukuran kecil, ratusan dus jamu siap edar, dan bahan baku campuran jamu ilegal,” jelas Mukti.


Hingga artikel ini ditulis, belum ada rincian bahan berbahaya jenis apa yang disita petugas dalam penggerebekan pabrik jamu tersebut.***


 
 

Editor: Siti Mujiati

Sumber: PMJ News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x