Efek Siklon TALIM, Indonesia Berpeluang Alami Cuaca Ekstrem Pada 18-24 Juli 2023, Berikut Wilayah Terdampak

- 19 Juli 2023, 15:27 WIB
Efek Siklon TALIM, Indonesia Berpeluang Alami Cuaca Ekstrem Pada 18-24 Juli 2023, Berikut Wilayah Terdampak
Efek Siklon TALIM, Indonesia Berpeluang Alami Cuaca Ekstrem Pada 18-24 Juli 2023, Berikut Wilayah Terdampak /
 

Berita KBB - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperbarui peringatan dini potensi cuaca ekstrem di wilayah Indonesia selama 7 hari ke depan, terhitung mulai Selasa 18 Juli hingga Senin 24 Juli 2023.

Kondisi cuaca selama periode tersebut di wilayah Sumatra dan Jawa diprediksi dominan cerah berawan-berawan sepanjang pagi hingga siang hari. Kemudian, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat diprakirakan terdapat pada sore dan menjelang malam hari.

Sementara untuk wilayah Kalimantan, Sulawesi, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua terdapat potensi hujan sedang hingga lebat pada siang dan malam hari.

Baca Juga: Sinopsis Imlie ANTV Rabu, 19 Juli 2023: Menyesal! Arto Merasa Sangat Bersalah, Imlie Coba Menyemangati

Potensi cuaca ekstrem ini berdasarkan pada pantauan Siklon Tropis TALIM di Laut Cina Selatan dengan kecepatan angin mencapai 55 knot atau 95 km/jam dan tekanan udara minimum 980 hPa yang bergerak ke arah barat-barat laut.

 

Siklon tropis TALIM menginduksi low level jet yang memanjang dari perairan utara Aceh, Teluk Thailand, hingga Laut Cina Selatan.

 

Selain itu, bibit siklon tropis 98W terpantau di Samudra Pasifik utara Papua yang menginduksi low level jet yang terpantau di Samudra Pasifik utara Halmahera-Papua. Sistem tersebut juga membentuk daerah konvergensi yang memanjang di sekitar sistem. 

 

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x