Jadwal Supermoon Di Bulan Agustus, Apa Dampak Bagi Planet Bumi?

- 31 Juli 2023, 17:46 WIB
Ilustrasi supermoon./Pixabay @sergei_spas
Ilustrasi supermoon./Pixabay @sergei_spas /



BERITA KBB- Fenomena astronomi menjadi fenomena yang selalu dinantikan. Karena terjadi dalam kurun waktu yang tidak lama, dan cenderung langka.

Memasuki bulan Agustus, diketahui akan terjadi fenomena supermoon sebanyak dua kali. Tentunya fenomena ini akan menghiasi langit malam menjadi semakin indah.

Supermoon adalah fenomena bulan terlihat super terang tidak seperti biasanya. Karena bulan berada pada titik terdekat planet bumi.

Baca Juga: Truk Terguling di Tol Cengkareng Jakarta Hingga Muatan Berhamburan Ke Jalan, Lalu Lintas Tersendat 500 meter

Fenomena supermoon yang terjadi di bulan Agustus ini dinamai fenomena Sturgeon Moon dan Blue Moon.

Sturgeon Moon terjadi pada tanggal  1 Agustus 2023. Sementara fenomena Blue Moon bisa disaksikan pada tanggal 30-31 Agustus 2023 mendatang.

Untuk menyaksikan fenomena indah ini, masyarakat Indonesia dapat melihat secara langsung tanpa alat bantu. Karena, nantinya kondisi bulan akan begitu terang.

Baca Juga: Daftar Rating Acara TV 30 Juli 2023: BRI Liga 1 Persija Jakarta vs Persebaya Surabaya Bawa Indosiar Salip SCTV

Anda juga bisa mengabadikan fenomena ini, sehingga dapat diunggah ke media sosial keindahannya. 

Proses terjadinya fenomena Sturgeon Moon dan Blue Moon ini sangat cepat. Sehingga memotret atau mem-videokan dua fenomena astronomi ini menjadi pilihan tepat agar bisa dilihat kembalu di lain waktu.

Lantas  apakah ada dampak bagi bumi jika terjadi supermoon ini ?

Dijelaskan BMKG bahwa fenomena supermoon ini bisa mengakibatkan ketinggian pasang air laut. Sehingga bagi masyarakat pesisir harus lebih waspada, di khawatirkan terjadi banjir ROB.

.***

 

Editor: Siti Mujiati


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x