Antisipasi Potensi Hujan Lebat di Jawa Barat, Berikut Peringatan Dini Cuaca Selasa-Rabu 1-2 Agustus 2023

- 1 Agustus 2023, 10:19 WIB
Antisipasi Potensi Hujan Lebat di Jawa Barat, Berikut Peringatan Dini Cuaca Selasa-Rabu 1-2 Agustus 2023
Antisipasi Potensi Hujan Lebat di Jawa Barat, Berikut Peringatan Dini Cuaca Selasa-Rabu 1-2 Agustus 2023 /
 

Berita KBB - Bila Anda memerlukan informasi cuaca pada awal bulan Agustus ini, berikut ini informasi peringatan dini cuaca selama 2 hari ke depan, Selasa-Rabu 1-2 Agustus 2023 yang harus diketahui terutama bagi warga Jawa Barat dan sekitarnya.


Menurut laporan peringatan dini cuaca yang dirilis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Senin 31 Juli 2023, hujan lebat diprediksi mengguyur sebagian wilayah Indonesia selama 2 hari ke depan.


Angin kencang juga diprediksi berpeluang terjadi di beberapa wilayah dalam kurun waktu tersebut.

 

Menurut BMKG, prediksi kondisi cuaca ini dipengaruhi adanya daerah perlambatan kecepatan angin yang memanjang dari Samudra Hindia barat Sumatra Barat dari Kepulauan Mentawai hingga Selat Malaka, dari Laut Banda hingga Maluku Utara, dan di Papua.


Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sepanjang daerah perlambatan kecepatan angin tersebut.


BMKG memprediksi intrusi udara kering dari belahan bumi selatan melintasi wilayah Samudra Hindia barat Banten. Fenomena ini mampu mengangkat massa udara menjadi lebih hangat dan lembab di Samudra Hindia barat Sumatra dan di Sumatra bagian selatan


Selain itu, peningkatan kecepatan angin permukaan lebih dari 25 knot (46 km/jam) terpantau di Samudra Hindia selatan Sumatra, Laut Timor, Nusa Tenggara Timur, dan Laut Arafura. Fenomena ini mampu meningkatkan ketinggian gelombang laut di sekitar perairan tersebut. 


Untuk informasi lebih detailnya, berikut ini peringatan dini cuaca dan daftar wilayah yang diprediksi terdampak hujan dan angin kencang 2 hari ke depan pada Selasa-Rabu 1-2 Agustus 2023.


Perlu diperhatikan bahwa data berikut hanyalah bersifat prakiraan, sehingga cuaca yang terjadi sesungguhnya bisa saja berbeda.


Peringatan Dini Cuaca Selasa 1 Agustus 2023

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x