Bangunan Arsitektur Luar Biasa di Indonesia: Menampilkan Keunikan dan Keberagaman Budaya

- 2 Oktober 2023, 22:07 WIB
Bangunan Arsitektur Luar Biasa di Indonesia: Menampilkan Keunikan dan Keberagaman Budaya
Bangunan Arsitektur Luar Biasa di Indonesia: Menampilkan Keunikan dan Keberagaman Budaya /

 

BERITA KBB - Indonesia adalah negara yang kaya akan keunikan dan keberagaman budaya, yang tercermin dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk arsitektur. Arsitektur Indonesia tidak hanya menampilkan fungsi dan estetika, tetapi juga nilai-nilai, sejarah, dan identitas bangsa. Dalam rangka memperingati Hari Arsitektur Sedunia yang jatuh pada tanggal 2 Oktober 2023, mari kita mengenal beberapa bangunan arsitektur luar biasa di Indonesia yang menjadi simbol dan inspirasi bagi masyarakat.

 

1.Menara Pinisi, Universitas Negeri Makassar

Menara Pinisi adalah bangunan kampus Universitas Negeri Makassar (UNM) yang terinspirasi dari perahu pinisi, simbol khas masyarakat Bugis. Bangunan ini dirancang oleh arsitek Yu Sing dengan konsep utama yang identik dengan pendalaman kearifan lokal yang dipadukan dengan teknologi modern terkini. Menara Pinisi memiliki tinggi 17 lantai dan merupakan gedung tertinggi pertama di Indonesia dengan menggunakan sistem fasade Hiperbolic Paraboloid, yaitu bentuk geometri yang terdiri dari dua kelengkungan berlawanan arah. Pada malam hari, lampu-lampu pada menara gedung akan berkerlap-kerlip indah dengan 12 warna berbeda yang mewakili jumlah fakultas yang ada di kampus UNM.

 Baca Juga: Edi Darmawan Ayah Almarhum Mirna Salihin, Punya Bisnis Mentereng Berikut Informasinya

2.Binus Alam Sutera, Universitas Bina Nusantara

Binus Alam Sutera adalah kampus Universitas Bina Nusantara yang berlokasi di Alam Sutera, Tangerang. Kampus ini dibangun pada tahun 2012 dengan desain arsitektur yang mengusung konsep gedung ramah lingkungan dan hemat energi. Kampus ini didesain oleh Budiman Hendropurnomo dengan bentuk kotak-kotak yang memiliki banyak jendela besar untuk memaksimalkan pencahayaan alami. Kampus ini juga memiliki sistem penampungan air hujan yang bisa dimanfaatkan untuk pengairan lanskap, toilet, dan sebagai kontribusi dalam mengatasi krisis air tanah.

 

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x