BMKG: Jawa Barat, Jawa Timur dan Sejumlah Provinsi Berpotensi Hujan dan Angin Kencang 4-5 Oktober 2023

- 4 Oktober 2023, 08:25 WIB
BMKG: Jawa Barat, Jawa Timur dan Sejumlah Provinsi Berpotensi Hujan dan Angin Kencang 4-5 Oktober 2023
BMKG: Jawa Barat, Jawa Timur dan Sejumlah Provinsi Berpotensi Hujan dan Angin Kencang 4-5 Oktober 2023 /Antara/
 

Berita KBB - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis daftar provinsi yang diprediksi hujan dan berangin kencang untuk kurun 4-5 Oktober 2023 dalam laporan peringatan dini cuaca terbarunya.


Dalam laporan peringatan dini cuaca yang dikeluarkan BMKG pada Selasa 3 Oktober 2023, hujan berpotensi mengguyur sebagian Sumatra, sebagian Jawa, sebagian Kalimantan, sebagian Sulawesi, Maluku, dan Papua.


Adapun angin kencang berpotensi bertiup di wilayah Jawa, sebagian Nusa Tenggara dan sebagian Kalimantan.

 

Baca Juga: Hari Hewan Sedunia 2023: Mengapa Penting untuk Peduli dengan Hewan?


Dalam narasinya, BMKG menjelaskan bahwa sirkulasi siklonik terpantau di sekitar wilayah Vietnam. Sirkulasi siklonik ini membentuk daerah perlambatan angin dari teluk Thailand hingga pesisir Kamboja.


Daerah konvergensi lainnya terpantau di Laut Andaman, Selat Malaka, Laut Cina Selatan, dan laut Maluku. Awan hujan berpotensi terbentuk di sepanjang daerah perlambatan angin tersebut.


Selain itu, laporan BMKG menunjukkan bahwa intrusi udara kering dari belahan bumi selatan melintasi wilayah Samudra Hindia barat Sumbar. Dry intrusion ini mampu mengangkat uap air basah di depan batas intrusi menjadi lebih hangat dan lembab di perairan barat Sumbar.


Untuk lebih jelasnya, berikut ini daftar wilayah yang diprediksi mengalami hujan ringan, sedang hingga lebat dan angin kencang pada Rabu-Kamis 4-5 Oktober 2023.


Data berikut hanyalah bersifat prakiraan, sehingga cuaca yang terjadi sesungguhnya bisa saja berbeda.

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x