Link Nonton Penetapan Prabowo-Gibran Sebagai Presiden dan Wapres, Anies-Cak Imin dan Ganjar-Mahfud Diundang

- 24 April 2024, 09:59 WIB
Kantor KPU RI di Jakarta.5
Kantor KPU RI di Jakarta.5 /Lidiyawati Harahap/ Unand Foto

Berita KBB - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Indonesia akan menetapkan calon presiden dan wakil presiden terpilih pada Pilpres 2024 yang dinyatakan sebagai pemenang sah pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

Dilansir laman KPU, Komisioner August Mellaz mengatakan, penetapan presiden dan wakil presiden terpilih harus diumumkan paling lambat 3 hari setelah putusan Mahkamah Konstitusi (MK). Hal ini berdasarkan Pasal 4 Peraturan KPU (PKPU) Nomor 6 Tahun 2024.

KPU juga akan mengundang pasangan calon nomor urut 01 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan nomor urut 03, Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Penetapan pasangan calon Prabowo-Gibran sebagai presiden dan wakil presiden Indonesia periode 2024-2029 ini selaras dengan pemberhentian perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) yang diajukan pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md.

Ketua KPU Hasyim Asy'ari mengatakan ada tiga hal penting dalam putusan MK ini. Pertama, terhadap seluruh pokok permohonan yang diajukan pasangan Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud, dinyatakan tidak beralasan menurut hukum.

Baca Juga: Prabowo-Gibran Menang Pilpres 2024: Ajak Indonesia Kembali Bersatu!

Poin kedua, karena tidak beralasan menurut hukum, maka seluruh pokok-pokok permohonan dinyatakan ditolak untuk seluruhnya.

Ketiga, putusan MK ini membuat keputusan KPU Nomor 360 Tahun 2024 tentang Penetapan Hasil Pemilu Nasional Tahun 2024 dinyatakan sah tetap berlaku. Maka dari itu, KPU dapat melanjutkan ke tahapan berikutnya Pilpres 2024 yakni penetapan calon presiden dan calon wakil presiden terpilih.

Berikut ini link nonton streaming penetapan Prabowo Gibran sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI 2024-2029.

Halaman:

Editor: Lizikri Damar Tanjung Novela Andelin

Sumber: KPU


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x