Apa Sajakah Manfaat Vaksin sebelum Ibadah Haji dan Umrah? Ini Penjelasan Biofarma!

- 9 Juni 2024, 19:30 WIB
Bio Farma membagikan informasi tentang pentingnya melakukan vaksinasi sebelum melaksanakan ibadah Haji atau Umrah pada sesi Talkshow Sehat di Tanah Suci di kegiatan Surabaya Haji Umrah Expo 2024.
Bio Farma membagikan informasi tentang pentingnya melakukan vaksinasi sebelum melaksanakan ibadah Haji atau Umrah pada sesi Talkshow Sehat di Tanah Suci di kegiatan Surabaya Haji Umrah Expo 2024. /istimewa/

BERITA KBB - Bio Farma membagikan informasi tentang pentingnya melakukan vaksinasi sebelum melaksanakan ibadah Haji atau Umrah pada sesi Talkshow Sehat di Tanah Suci di kegiatan Surabaya Haji Umrah Expo 2024.

Kegiatan tersebut berlangsung selama 5 hari mulai pada tanggal 5 – 9 Juni 2024 di Royal Plaza, Surabaya.

Sosialisasi ini dilakukan dalam rangka memberikan informasi terkait vaksinasi yang dilakukan sebelum calon jamaah berangkat ke tanah suci, terutama dalam mengantisipasi paparan penyakit meningitis.

Baca Juga: Terjadi Lonjakan Kasus di Indonesia, Bio Farma Selenggarakan FGD Sosialisasi Produk Vaksin Demam Berdarah

Pada kesempatan tersebut, Product Manager Bio Farma, dr Asep Irham Fattahul Quran mengatakan, kebutuhan manusia untuk melakukan vaksinasi sebenarnya relatif penting. Vaksinasi bertujuan untuk memunculkan imunitas baru.

"Vaksinasi akan sangat bermanfaat untuk melindungi tubuh, terutama di daerah yang padat manusia seperti di Tanah Suci. Sebagai antisipasi kita terhadap penyakit yang mudah menular antar manusia. Di Indonesia paparan penyakit lebih terkendali. Sedangkan di tanah suci, kita bertemu dengan orang dari beberapa negara, nah itu yang akan menjadi paparan untuk jamaah-jamaah Indonesia ” ucap dr Asep, dalam sesi Talkshow.

Menurut dr. Asep, vaksinasi cenderung penting selain untuk menangkal diri dari virus atau bakteri juga sebagai upaya untuk melindungi diri dari paparan penyakit dari luar. Sehingga, disarankan juga bagi para jamaah haji dan umrah ataupun pelancong yang ingin keluar negeri melakukan suntikan vaksin terlebih dahulu. Terutama pada calon jamaah usia lansia, dengan kualitas daya tahan tubuhnya yang mulai menurun.

Baca Juga: Tingkatkan Kapasitas UMKM Bio Farma Gelar Pelatihan untuk 50 UMKM

"Sangat di rekomendasikan bahkan diwajibkan kepada orang yang sudah tua, karena kalau penyakit menular itu kalau kita nggak sadar bawa penyakit bisa menularkan ke orang-orang terdekat di rumah," sambung dr Asep.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah