Hindari Greenwashing, SBM ITB Sosialisasikan Pelaporan Keberlanjutan pada Ratusan Mahasiswa

- 28 Juni 2024, 20:15 WIB
Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) ITB menyelenggarakan seminar nasional bertajuk “Sustainability Communication: The Strategy Communication & Reporting Standard for Sustainability” pada Kamis, 27 Juni 2024.
Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) ITB menyelenggarakan seminar nasional bertajuk “Sustainability Communication: The Strategy Communication & Reporting Standard for Sustainability” pada Kamis, 27 Juni 2024. /istimewa/

BERITA KBB - Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) ITB menyelenggarakan seminar nasional bertajuk “Sustainability Communication: The Strategy Communication & Reporting Standard for Sustainability” pada Kamis, 27 Juni 2024.

Acara tersebut diikuti sekitar 150 peserta, secara hybrid, online melalui Zoom dan tatap muka yang berlokasi di Kampus ITB Jakarta.

Acara ini merupakan pengabdian masyarakat dosen yang membahas tentang meningkatnya kekhawatiran fenomena greenwashing di
dunia bisnis dan menekankan pentingnya komunikasi keberlanjutan yang transparan dan
bertanggung jawab.

Baca Juga: AACSB Harap SBM ITB Promosikan Peningkatan Kualitas Sekolah Bisnis di Level Internasional

Sejumlah pembicara dari organisasi ternama dan berpengalaman hadir, seperti Dewi
Suyenti Teo, Indonesia Country Manager Global Reporting Initiative (GRI), dan Jalal,
Pakar dan Ketua Dewan Penasihat di Social Investment Indonesia.

Dalam seminar tersebut, Dewi menekankan peran Global Reporting Initiatives (GRI) sebagai kerangka luas yang digunakan oleh banyak perusahaan besar untuk mengetahui sejauh mana mereka telah menerapkan keberlanjutan di perusahaannya.

Ia menjelaskan urgensi pelaporan yang terdiri dari kepatuhan terhadap regulasi, sebagai bagian dari rantai nilai global dalam perusahaan, peran perusahaan dalam mencapai SDGs, model manajemen risiko, relevansi, dan akurasi data untuk pengambilan keputusan, tuntutan pemangku kepentingan serta akses terhadap green financing.

Baca Juga: SBM ITB Buka Coaching Clinic untuk UMKM Kesebelas Kalinya

Sesi kedua adalah sesi talkshow oleh Jalal dari Social Investment Indonesia. Sesi kali ini
membicarakan komunikasi berkelanjutan yang otentik untuk menghindari praktik greenwashing.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah