Thailand Sukses Raih Gelar Piala AFF 2022 Usai Tumbangkan Vietnam di Laga Final!

- 17 Januari 2023, 23:14 WIB
Thailand Jadi Raja Sepak Bola ASEAN Ke 7 Setelah Sabet Juara AFF, Rangking FIFA Jauh di Atas Indonesia
Thailand Jadi Raja Sepak Bola ASEAN Ke 7 Setelah Sabet Juara AFF, Rangking FIFA Jauh di Atas Indonesia /Changusek/
 
 
BERITA KBB - Thailand kembali menahbiskan diri sebagai juara Asia Tenggara. Mereka sukses menggamit gelar Piala AFF 2022 usai menumbangkan Vietnam di laga final yang dihelat dua leg.
 
Di leg pertama, Thailand sempat bermain imbang 2-2 dengan Vietnam. Berlanjut ke leg kedua, Thailand menang dengan skor tipis 1-0. Dengan total agregat 3-2, mereka pun kembali menggamit gelar Piala AFF kali ini.
 
Gelar Piala AFF 2022 ini pun tidak cuma sekadar gelar bagi tim Gajah Perang. Gelar ini menahbiskan mereka sebagai raja di Asia Tenggara sekarang.
 
 
Berkat gelar yang didapat di 2022 ini, Thailand pun memperkuat status mereka sebagai negara peraih trofi Piala AFF terbanyak. Total, sejak 1996, Thailand sudah mengoleksi tujuh gelar Piala AFF, bahkan sejak turnamen ini masih bernama Piala Tiger.
 
Thailand pun mengungguli Singapura yang baru meraih empat gelar, serta Vietnam yang baru menorehkan dua gelar. Tidak cuma itu, Thailand juga sudah tiga kali menjadi runner-up turnamen ini.
 
Tidak cuma sukses meraih tujuh gelar, keberhasilan Thailand mencatatkan gelar di Piala AFF 2022 ini membawa mereka pada torehan lain. Tercatat sebanyak tiga kali, Thailand meraih gelar Piala AFF secara back-to-back.
 
 
Pada 2000 dan 2002, Thailand pertama kalinya meraih gelar Piala AFF secara back-to-back. Keberhasilan ini berlanjut lagi pada gelaran Piala AFF 2014 dan 2016, yang salah satunya mereka sukses menumbangkan Indonesia di final.
 
Nah, pada gelaran Piala AFF 2020 dan 2022, Thailand lagi - lagi meraih gelar secara back-to-back. 
 
Apiknya lagi, salah satu gelarnya didapat lagi dengan menumbangkan Indonesia di final.
 
Di gelaran Piala AFF 2022 ini, Thailand sejatinya merombak skuad mereka. 
 
Absennya nama - nama macam Chanathip Songkrasin, Thitiphan Puangchan, Supachok Sarachat, Tristan Do, dan Manuel Bihr, tidak memengaruhi kualitas skuad mereka.
 
Dengan 95 persen pemain yang main di kompetisi Thai League, Thailand tetap mampu menunjukkan superioritas mereka. 
 
Dengan kualitas liga yang baik, tim Gajah Perang selalu memiliki talenta yang siap tempur di ajang internasional.***

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x