Mau Jadi Orang Tua yang Bisa Berbagi Cerita dengan Anak? Ini Kriterianya

- 5 Februari 2023, 18:45 WIB
/

BERITA KBB - SMP Darul Hikam menggelar Webinar Parenting Dialog Interaktif "Menjadi Teman Berbagi Remaja" pada Sabtu, 4 Februari 2023. Acara yang dibukan oleh Direktur Perguruan Darul Hikam, Ruri B. Ramadanti menghadirkan narasumber Dokter Hukum kesehatan, dr. Yuan Andrayani M.H dan Psikolog Unpad, Hari Setyowibowo. 

 

Menuriy Hari, mejadi teman berbagi ini maknanya luas. Pelakunya bisa siapa saja. Baik itu orangtua dengan anak, guru dengan murid, suami dengan istri, dll. Namun, dalam kegiatan ini mungkin lebih dispesifikasikan orangtua menjadi teman bagi anaknya.

 

"Teman adalah orang yang bisa menyediakan waktu, energi termasuk perasaan untuk temannya. Sedangkan yang dibagi bisa apa saja, ya pengetahuan, perasaan, pengalaman, dll." jelas Hari.

Baca Juga: 7 Rekomendasi HP Jaringan 5G Berchipset Snapdragon dengan Spesifikasi yang Tinggi

Dikatakan, ada 3 kriteria menjadi teman berbagi, pertema prinsip, keterampilan, dan proses. Dalam prinsip harus ada kepedulian, penghargaan, dan kepercayaan.

 

"Misalnya, orang tua mau menjadi teman berbagi untuk anaknya, di orangtua harus peduli terhadap permsalahan yang terjadi pada anaknya. Harus peduli apa yang terjadi pada anak. Selain itu, lanjutnya dalam prinsip belajar menjadi teman itu harus menghargai dan percaya pada teman kita," jelasnya.

 

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x