Ingin Bisnis Anda Masuk Kategori Halal? Penuhi Prinsip Ini!

- 22 Oktober 2023, 20:42 WIB
Seminar Kewirausahaan Menumbuhkan Produktivitas Wanita di Bidang Ekonomi, di Auditorium Unisba, Gedung Dekanat, Minggu, 22 Oktober 2023.
Seminar Kewirausahaan Menumbuhkan Produktivitas Wanita di Bidang Ekonomi, di Auditorium Unisba, Gedung Dekanat, Minggu, 22 Oktober 2023. /Istimewa /

BERITA KBB - Pengurus Pusat Wanita Syarikat Islam mengajak para wanita tetap produktif dengan menjalankan bisnis yang halal untuk mendapatkan berkah.

Bisnis yang halal adalah bisnis yang sesuai dengan syariat islam, dan produknya sendiri disebut halal apabila tidak mengandung bahan yang haram.

Lantas, apa sajakah prinsip yang harus diterapkan untuk menegaskan bahwa bisnis yang kita jalankan bisa masuk dalam kategori bisnis halal?.

Baca Juga: Trofi Asli Piala Dunia U-17 Dipamerkan di Taman Dago Cikapayang

Kepala Pusat Halal LPPM Unisba Dewi Rasmi menjabarkan setidaknya ada enam prinsip untuk sebuah bisnis agar masuk kategori halal.

"Saya merangkum enam prinsip yang harus terpenuhi supaya bisnis yang kita jalankan bisa masuk dalam kategori bisnis halal," katanya saat menjadi narasumber pada Seminar Kewirausahaan Menumbuhkan Produktivitas Wanita di Bidang Ekonomi, di Auditorium Unisba, Gedung Dekanat, Minggu, 22 Oktober 2023.

Prinsip pertama yang harus dipegang menurut Dewi adalah niatkan ibadah, karena dengan niat ibadah segalanya akan menjadi berkah dan mendapat ridha Allah.

Baca Juga: Bey Machmudin: Santri Jadi Pilar Utama Pendidikan Islam di Dunia

Sedangkan prinsip selanjutnya adalah menghasilkan produk barang dan jasa yang halal, dan menghindari hal-hal yang diharamkan seperti riba, gharar, dan ketidakjelasan.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x