Terapkan Pengetahuan dan Kemampuan, 168 Mahasiswa FK Unisba Ikuti EDRM

- 3 Desember 2023, 09:13 WIB
Sebanyak 168 mahasiswa tingkat empat Fakultas Kedokteran (FK) Unisba mengikuti kegiatan lapangan Emergency Disaster Relief Medicine (EDRM)
Sebanyak 168 mahasiswa tingkat empat Fakultas Kedokteran (FK) Unisba mengikuti kegiatan lapangan Emergency Disaster Relief Medicine (EDRM) /Istimewa /

BERITA KBB - Sebanyak 168 mahasiswa tingkat empat Fakultas Kedokteran (FK) Unisba mengikuti kegiatan lapangan Emergency Disaster Relief Medicine (EDRM) yang dilaksanakan di Kampung Bamboo Bandung, pada Jumat-Minggu (30 November – 2 Desember 2023).

Kegiatan yang bekerja sama dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) ini merupakan praktek implementasi dari pengetahuan dan keterampilan yang sudah diberikan dalam mata kuliah Blok Kegawatdaruratan dan Disaster Relief Medicine (DRM). 

Plt. Dekan FK Unisba, Dr. dr. Santun Bhekti Rahimah, M.Kes., mengatakan, kegiatan ini sangat penting tidak hanya bagi FK Unisba saja tapi juga bagi mahasiswa karena metode pembelajaran yang diberikan sangat berbeda yakni mendapatkan pengalaman belajar berharga yang mungkin tidak didapat saat Koas nanti atau di tempat lain.

Baca Juga: PSPPA Unisba Gandeng Stikes Dharma Husada Bandung Berikan Penyuluhan PHBS dan Dagusibu di Sumedang

“Para peserta akan mencoba mengimplementasikan teori yang sudah didapatkan selama ini dari mulai evakuasi, melakukan rescue dan sebagainya ke dalam simulasi lapangan yang situasinya sangat real dengan kondisi yang akan didapatkan nantinya,” ungkapnya.

Santun berpesan agar meningkatkan keeretan kelompok dengan mengasah kemampuan interprofessional, komunikasi dan kerjasama karena untuk melakukan simulasi lapangan yang baik tidak mungkin dilakukan seorang diri. 

“Nanti akan merasakan betul bahwa teman satu kelompok itu sangat berarti untuk menunjang suatu keberhasilan. Untuk itu harus saling jaga, tidak boleh ada yang egois yang memikirkan kepentingannya sendiri, tidak boleh tidak peduli dengan teman sekelompoknya, akan tetapi harus selalu bersama, saling jaga, dan saling ingatkan. Tolong juga untuk pasang mata dan melihat teman sekelilingnya apa ada yang hilang atau ada kebutuhan yang lain,” terangnya.

Baca Juga: KKL Mahasiswa Prodi Ekonomi Pembangunan Unisba Ramu Kembangkan Desa Wisata Laksana

Santun menambahkan, agar menjaga ketahanan fisik yang baik dengan menjaga pola makan dan berolahraga. “Tiga hari ini harus berlatih menjaga diri kalian sendiri. Pola makan dijaga dengan baik dan olahraga sertiap hari supaya simulai ini bisa dijalankan dengan baik. Jangan sampai selesai kegiatan ini jatuh sakit. Usahakan kondisi tetap prima,” ujarnya.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x