Pelajar dari 280 Kota di Indonesia Pilih Duolingo English Test untuk Daftar Studi di Luar Negeri di 2023

- 24 Januari 2024, 14:29 WIB
ilustrasi
ilustrasi /istimewa/

BERITA KBB – Tingginya minat pelajar Indonesia untuk menempuh studi di luar negeri terus meningkat dari tahun ke tahun.

Fenomena ini turut memberikan dampak positif pada pertumbuhan Duolingo English Test (DET) di Indonesia.

Menurut data DET, terungkap bahwa pelajar di 280 kota di Indonesia, khususnya di Jakarta, Bandung, dan Surabaya, memilih DET sebagai pilihan utama untuk mendaftar studi ke luar negeri, baik melalui peluang beasiswa maupun jalur mandiri.

Baca Juga: Tawuran di Menteng Jakarta, 12 Pelajar Bersenjata Lukai Polisi yang Coba Melerai

Pada tahun 2023, jumlah individu yang berhasil lolos seleksi beasiswa LPDP mencapai 9.956 orang, meningkat hampir tujuh kali lipat sejak dimulainya program beasiswa LPDP pada tahun 2013.

Sementara itu, berdasarkan data terbaru dari IISMA, hingga akhir 2023 mereka telah berhasil memfasilitasi 1.984 mahasiswa untuk studi di luar negeri, termasuk 1.416 mahasiswa program sarjana dan 568 mahasiswa program vokasi terpilih, yang telah memulai perjalanan akademis mereka di 126 kampus mitra di 26 negara.Institusi mitra ini termasuk beberapa universitas paling bergengsi di dunia.

Kemampuan berbahasa Inggris memegang peran penting dalam menjalani studi di luar negeri.

Baca Juga: Bukan Sembarang Kado, Pelajar Bakal Dapat Ini dari Pemkot Bandung

Oleh karena itu, diperlukan suatu tolok ukur untuk menilai kemahiran bahasa Inggris para pelajar. Sejauh ini, TOEFL iBT dan IELTS telah dikenal luas sebagai alat tes kemampuan bahasa Inggris tradisional.

Namun, seiring dengan kemajuan teknologi, terjadi perubahan yang signifikan terhadap preferensi siswa yang ingin menunjukkan kemampuan bahasa mereka dengan tes terpercaya seperti Duolingo English Test (DET).

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x