Bus Trans Metro Pasundan Resmi Beroperasi di Bandung Raya, Ada Lima Koridor

- 28 Desember 2021, 19:41 WIB
/

BERITA KBB - Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat (Jabar), Uu Ruzhanul Ulum, hadiri Acara Peresmian 'Teman Bus' melalui skema Buy The Service (BTS) pada Trans Metro Pasundan Tahun 2021 untuk Kawasan Cekungan Bandung/Bandung Raya, di Halaman Monumen Perjuangan Bandung, Senin (27/12/2021).

Teman Bus merupakan implementasi program BTS dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Republik Indonesia (RI) untuk pengembangan angkutan umum di kawasan perkotaan berbasis jalan yang menggunakan teknologi telematika dan berbasis non- tunai.

Aplikasi Teman Bus sendiri dapat diunduh di Play store, dan AppStore. Sehingga dalam genggaman gadget, warga sekitar cekungan Bandung dapat saling terhubung menggunakan transportasi umum berupa bus.

Baca Juga: OST 'Bus Om Bebek' Dinyanyikan Spesial oleh Youtuber Ria Ricis, Berikut Lirik Lagu Selengkapnya

"Hari ini saya merasa bahagia, syukur alhamdulilah, salah satu permasalahan di Bandung Raya yaitu tentang kemacetan, ada satu solusi dengan dilahirkannya Trans Metro Pasundan, dimana program dari Pemerintah Pusat (Kemenhub) ini dikhususkan untuk warga Jabar, dengan harapan lahirnya bus ini bisa mengurangi kemacetan, polusi udara, dan mengurangi beban hidup masyarakat karena biaya mudah dan murah," ungkap Wagub Jabar, Uu Ruzhanul.

Pak Uu pun mengajak masyarakat Jawa Barat di kawasan cekungan Bandung untuk memanfaatkan program ini. Menurutnya harus sudah mulai tumbuh kesadaran akan pentingnya transportasi masal.

Sebab polusi juga merupakan salah satu permasalahan global yang berdampak pada alam dan kehidupan. Sementara kemacetan tentu menjadi permasalahan perkotaan yang juga membawa dampak tak baik bagi kehidupan masyarakat.

Baca Juga: Pantas Bisa jadi Crazy Rich Malang, Intip Weton Gilang Widya Pramana, Pemilik Usaha Bus Juragan 99

Adapun Teman Bus, pada Bus Trans Metro Pasundan di Cekungan Bandung, saat ini disediakan untuk lima koridor. Diantaranya Koridor 1: Leuwipanjang - Soreang, Koridor 2: Kota Baru Parahyangan (Padalarang)- Alunalun Kota Bandung, Koridor 3: Baleendah - BEC, Koridor 4: Leuwipanjang - Dago, Koridor 5: Dipatiukur - Jatinangor (via Tol). Adapun armada bus beroperasi dari pukul 05.00 - 22.00 WIB.

"Masyarakat harus memanfaatkan bus ini, jangan karena punya motor mobil, bensin ada, sedikit -sedikit naik motor mobil pribadi, mohon ada kesadaran gunakan transportasi masal untuk kemaslahatan dan kemanfaatan bersama," katanya.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x