Kota Bandung Bahas Sister City dengan Gumi dan Gimcheon Korsel

- 19 Juli 2022, 19:52 WIB
Wali Kota Bandung, Yana Mulyana berfoto dengan perwakilan kedua kota, Balai Kota Bandung, Selasa, 19 Juli 2022.
Wali Kota Bandung, Yana Mulyana berfoto dengan perwakilan kedua kota, Balai Kota Bandung, Selasa, 19 Juli 2022. /Adpim Kota Bandung/

BERITA KBB - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung dan dua kota di Korea Selatan, Kota Gumi dan Gimcheon menjajaki peluang menjadi sister city atau kota kembar.

Hal itu terungkap dalam diskusi antara Wali Kota Bandung, Yana Mulyana dengan perwakilan kedua kota tersebut di Balai Kota Bandung, Selasa, 19 Juli 2022.

Dalam diskusi tersebut, Yana menyampaikan, potensi yang paling banyak dimiliki Kota Bandung adalah jasa, pariwisata, juga transportasi.

Baca Juga: Pemkot Bandung Raih Tiga Penghargaan Manajemen ASN dari BKN

"Kota Bandung tidak memiliki sumber daya alam. Tapi sumber daya manusianya sangat berpotensi. Kita bergantung pada jasa pariwisata," jelas Yana.

Ia juga menuturkan, dua kota di Korsel yang menjadi calon sister city Kota Bandung ini memiliki potensi tinggi di bidang teknologi dan transportasi publik. Sehingga bisa menjadi salah satu aspek yang akan dikerjasamakan.

"Di awalnya kita minta kerja sama di aspek tenaga kerja. Kebetulan di sana juga kota industri. Tapi Korsel juga merupakan kota yang bagus teknologinya. Mudah-mudahan bisa membantu transportasi publik berbasis kereta di Kota Bandung," ungkapnya.

Baca Juga: Pemkot Bandung Pastikan Taman Kota dalam Kondisi Terpelihara

Ia mengatakan, pemerintah Korsel berencana mengundang Pemkot Bandung pada 13 Oktober mendatang. Namun Yana mengaku, masih mengkaji peluangnya untuk bisa berangkat ke sana.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x