Perbaiki Gizi Warga, Yayasan Odesa Indonesia Bagikan Bibit Tanaman Buah dan Kelor di Cimenyan

- 4 Desember 2023, 19:53 WIB
Kegiatan membagikan bibit-bibit tanaman buah dan kelor untuk petani di Kampung Cisanggarung, Desa Cikadut, Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung, Minggu, 3 Desember 2023.
Kegiatan membagikan bibit-bibit tanaman buah dan kelor untuk petani di Kampung Cisanggarung, Desa Cikadut, Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung, Minggu, 3 Desember 2023. /Istimewa /

BERITA KBB - Rendah gizi termasuk problem akut di masyarakat Indonesia yang belum teratasi dari tahun ke tahun.

Selain masalah stunting, problem kurang gizi juga menimpa hampir mayoritas warga yang tergolong miskin. Hal tersebut dikatakan oleh Faiz Manshur, Ketua Yayasan Odesa Indonesia.

“Penduduk Indonesia yang punya problem kekurangan gizi itu jumlahnya masih lebih 20 juta jiwa. Artinya, dari 28 juta jiwa penduduk miskin, mayoritas memiliki problem buruk dalam urusan makanan dan itu mudah kita temukan pada kalangan keluarga minus sejahtera di kalangan buruh tani berpendapatan rendah,” kata Faiz di tengah kegiatan membagikan bibit-bibit tanaman buah dan kelor untuk petani di Kampung Cisanggarung, Desa Cikadut, Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung, Minggu, 3 Desember 2023.

Baca Juga: Jadwal Indosiar Selasa 5 Desember 2023 dan Sinopsis Shocking Kungfu of Huo’s Serta Wheels on Meals

Menurut Faiz, gerakan membagi bibit tanaman pangan buah-buahan seperti Nangka, Sirsak, Sukun, Jambu, Duren, Matoa, Pepaya, Sawo dan juga kelor adalah solusi praktis perbaikan gizi bagi rakyat desa.

Sebab selama ini para petani di Kawasan Bandung Utara lebih banyak menanam tanaman pendek sayuran dengan cara monokultur.

Akibat model pertanian yang salah tersebut, banyak orang hanya mendapatkan gizi dari pangan lokal sesaat. Selain itu, praktik pertanian monokultur sayuran juga merusak lahan. 

Baca Juga: Daftar Rating Acara TV Minggu 3 Desember 2023: Share Magic 5 Indosiar Terus Meroket Sejak Rabu Pekan Lalu

“Problem gizi di masyarakat desa ya salahsatunya karena petani tidak memiliki sumber makanan yang bisa didapat dan dikonsumsi secara langsung. Kalau hanya menanam sayur, apalagi hanya panen setahun dua kali, jelas kebutuhan pangan sehari-hari tidak mencukupi. Kalau tidak menanam buah dan ternak sendiri juga sulit mendapatkan gizi karena kemampuan petani minim untuk belanja makanan yang bergizi,” papar Faiz.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x