Kemenag Umumkan Ramadan 1445 H Mulai Lusa, Ini Hasil Pengamatan Hilal di Unisba!

- 10 Maret 2024, 21:29 WIB
Universitas Islam Bandung (Unisba) dan Kementrian Agama (Kemenag) serta Badan Hisab dan Rukyat Daerah (BHRD) Provinsi Jawa Barat melakukan pengamatan hilal 1 Ramadan 1445 H.
Universitas Islam Bandung (Unisba) dan Kementrian Agama (Kemenag) serta Badan Hisab dan Rukyat Daerah (BHRD) Provinsi Jawa Barat melakukan pengamatan hilal 1 Ramadan 1445 H. /Ade Bayu Indra/Berita KBB/

BERITA KBB  - Universitas Islam Bandung (Unisba) dan Kementrian Agama (Kemenag) serta Badan Hisab dan Rukyat Daerah (BHRD) Provinsi Jawa Barat melakukan pengamatan hilal 1 Ramadan 1445 H.

Pengamatan hilal dilakukan di Observatorium Albiruni Fakultas Syariah Unisba dengan koordinat tempat Lintang -6˚54’12” LS, Bujur 107˚36’32” BT dan ketinggian tempatnya 750 Meter diatas permukaan laut, Minggu (10/3/2024).

Baca Juga: Nikah Masal dan Isbat Nikah di Kabupaten Bandung Barat, Berikut Persyaratan Yang Harus Disiapkan

Kepala Kanwil Kemenag Jabar, Ajam Mustajam mengatakan, berdasarkan pemantauan posisi, hilal tidak terlihat karena masih posisi kurang dari satu derajat, tepatnya 0,1 derajat.

"Rukyatul hilal dilakukan di 11 titik, salah satunya di Albiruni Unisba. Dan hasilnya posisi hilal kurang dari 1 derajat," ujar Ajam.

Ajam menyebut, kegiatan pemantauan hilal ini akan dilaporkan kepada Kemang RI sebagai bahan sidang Isbat 1 Ramadhan 1445 H. Keputusan akhirnya, apakah besok sudah masuk 1 Ramadan atau belum, menunggu pengumuman resmi dari pemerintah pusat.

Baca Juga: Kapan Lebaran? Catat Jadwal Sidang Isbat Penentuan Idul Fitri 1 Syawal 1444 H

"Di 11 titik, posisi hilal tidak terlihat. Penentuan satu Ramadan itu berdasarkan kesepakatan mabin, tiga derajat," tandasnya.

Di sisi lain, Kemenag Jabar menghormati ihwal organisasi Islam lainnya yang telah menentukan awal puasa Ramadan yang jatuh pada Senin (11/3/2024).

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah